Warga Diimbau Lestarikan Hutan

Reporter : | 30 Sep, 2015 - 9:46 am WITA

Hutan, bitung, Edison Humiang, BITUNG, (manadotoday.co.id) – Hutan merupakan salah satu faktor penting dan bermanfaat dalam menunjang kehidupan umat manusia. Karena itu menjadi tanggungjawab seluruh manusia untuk menjaga dan melindungi hutan dari ancaman bencana serta pengrusakan oknum tak bertanggungjawab.

“Hutan harus kita jaga, pelihara dan lestarikan bersama agar tidak akan rusak. Sebab hutan sangat penting dalam menunjang kehidupan manusia,” tandas Sekkot Bitung Edison Humiang, saat memberikan arahan pada sosialisasi tentang Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan (P3H), di BPU Kantor Walikota Bitung, Selasa kemarin.

Pada acara sosialisasi yang digagas Bagian Sumber Daya (SDA) Pemkot Bitung, yang dihadiri forkompimda dan kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) serta para aparat pemerintah Kecamatan dan masyarakat ini, Humiang mengatakan Pemkot Bitung saat ini telah melakukan berbagai upaya dan pembenahan hutan menyusul terjkadinya bencana kebakaran lahan hutan dan sreal pekebunan di wilayah Bitung. “Salah satunya yak ni dengan melakukan reboisasi kembali hutan yang mengalami telah erosi ,” ujarnya.

Meski begitu menurut Humiang upaya yang dilakukan Pemerintah tidaklah cukup jika tidak dtunjang dengan komitmen masyarakat dalam upaya memperbaiki dan melestarikan hutan. “Dan jika ada lagi oknum yang sengaja melakukan pembiaraan dan merambah kawasan hutan, maka pemerintah akan bertindak tegas sesuai UU yang berlaku, Karena itu mari kita bersama-sama sadar bahwa melindungi Hutan sangatlah penting,” tukas Humiang mengharapkan hasil sosialisai ini akan diwujudkan dalam rangka menjaga dan melestarikan hutan dari ancaman pengrusakan.

Dalam sosialisasi tersebut sebagai pemateri yakni BKSDA Provinsi Sulut Askhari Masikki didampingi Abdul Latief Tasman dari pihak PBKH dan Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral Alex Watimena serta Kabag SDA Elen Sutrisno. (adl)

Baca Juga :

Leave a comment