Setelah Bertahun-tahun, NASA Akhirnya Temukan Bukti Kuat Adanya Air di Planet Mars

Reporter : | 29 Sep, 2015 - 1:13 pm WITA

Mars ((foto: AP Photo/NASA)

Mars (foto: AP Photo/NASA)

ManadoToday – NASA telah membuat pengumuman besar tadi malam, menjawab semua pertanyaan yang berputar-putar di kepala orang-orang, dan pengumuman itu adalah para peneliti telah menemukan bukti terkuat bahwa ada air cair di Planet Merah, Mars, Washington Post melaporkan.

April lalu, menggunakan data dari Curiosity rover, peneliti mencatat bahwa perklorat hadir di planet tersebut. Itu adalah sejenis garam, dan dapat dibuat titik didih air di Mars – ini berkat tekanan rendah planet.

Air tersebut juga mungkin bertanggung jawab atas bentuk fitur geografis Mars yang dikenal sebagai recurring slope lineae (RSL), yang sering terlihat di Mars. Para peneliti telah melihat fitur RSL dan menemukan banyak perklorat yang tampaknya telah terhidrasi.

“Kita akan pergi ke tempat-tempat di mana kami pikir dapat melihat adanya air dan mencari bukti kimia perklorat,” kata pemimpin peneliti.

Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk benar-benar mengkonfirmasi adanya air cair di planet ini; peneliti utama mengatakan dia berharap suatu hari nanti rover dapat melihat dengan dekat fitur RSL.

Jika air cair memang terbukti ada di Mars, itu kabar baik bagi astronot yang mungkin satu hari akan melakukan perjalanan di sana. “Jika kita pernah pergi ke sana, kita mungkin bisa memanfaatkan ini. Kita tidak harus membawa air dalam jumlah banyak,” kata peneliti utama.