Google ‘Hadiahi’ India Dengan Wi-Fi Berkecepatan Tinggi di 400 Stasiun Kereta Api

Reporter : | 28 Sep, 2015 - 10:14 pm WITA

Wi-Fi , Stasiun Kereta Api , India , googleManadoToday – Google memberi ‘hadiah’ bagi penduduk India berupa Wi-Fi kecepatan tinggi yang dipasang di 400 stasiun kereta api yang membawa jutaan penumpang setiap hari.

Raksasa internet bermitra dengan Indian Railways dan RailTel, penyedia infrastruktur telekomunikasi milik pemerintah untuk kereta api. Proyek ini awalnya akan menjangkau 100 stasiun tersibuk di India sebelum akhir 2016. stasiun pertama diharapkan akan online bulan depan menurut computerworld.com.

“Bahkan hanya dengan 100 stasiun yang online, proyek ini sudah menyediakan Wi-Fi bagi lebih dari 10 juta orang ,” tulis CEO Google Sundar Pichai dalam posting blog. Layanan ini awalnya akan ditawarkan gratis, tetapi tujuannya untuk membuat proyek akhirnya dapat mandiri, agar nantinya stasiun dan tempat-tempat lain juga akan mendapatkan layanan Wi-Fi, tambahnya.

Kereta api India memiliki kapasitas membawa 21 juta orang setiap hari dan berencana untuk meningkatkan kapasitas sebanyak 30 juta penumpang dalam lima tahun ke depan, dengan panjang track juga akan naik sebesar 20%, menjadi sekitar 138.000 kilometer.

India saat ini memiliki sekitar 300 juta orang yang online.

Pichai mengharapkan penumpang kereta api dapat menggunakan Wi-Fi untuk “streaming video berdefinisi tinggi saat mereka sedang menunggu di kereta, mencari tujuan mereka atau men-download beberapa video, buku atau permainan selama perjalanan.”

Baca Juga :

Leave a comment