Pemkot Bitung Kerahkan Ratusan Pala dan RT Padamkan Titik Api

Reporter : | 28 Sep, 2015 - 7:43 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Sebagai bentuk kepedulian akan adanya bencana kebakaran, Pemerintah Kota Bitung, menerjunkan ratusan Kepala lingkungan (Pala) dan Ketua Rukun Tetangga (RT) guna memadamkan titik api di areal hutan dan lahan yang berlokasi di Batu Putih Kecamatan Ranowulu. “Ya, akhir pekan lalu ratusan Pala dan RT dipimpin sekkot Edison Humiang, tumpah ruah di Pos Manggala Agni (pasukan pemadam kebakaran) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara turun langsung memadamkan titik api di Batu Putih Kecamatan Ranowulu,” ujar Kabag Humas Pemkot Bitung Erwin Kontu SH.

Dalam aksi pemadaman api ratusan Pala dan RT ini, dibantu ratusan relawan dari Forum Komunikasi Pencinta Alam Sulut serta Relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Kelompok Pemandu Wisata Alam Tangkoko yang terus berkordinasi dengan Manggala Agni guna memadamkan api. “Apapun yang dibutuhkan oleh relawan dan maggala agni dalam rangka memadamkan titik api maka Pemkot Bitung tentu siap membantunya,” kata Kontu.

Lanjut Kontu, mengatakan Kepala Pengendalian Operasional Kebakaran Hutan Manggala Agni Hambali dalam kesempatan itu menyatakan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Bitung. Apalagi personil Manggala Agni di BKSDA hanya sekitar 30 orang dan rata-rata sudah kelelahan karena sudah hampir tiga bulan \bertugas melakukan pemadaman api di wilayah Tomohon dan Bitung. “Adanya tenaga bantuan dari relawan dan pemkot ini merupakan sumbangan yang sangat baik bagi kami,” kata Kontu nmengutip pernyataan Hambali.

Ditambahkan Kontu bahwa saat ini, kawasan hutan yang terbakar sudah sekitar 400 ha. “Jadi pihak BKSDA Sulut menyayangkan jika ada kabar bahwa saat ini sudah sekitar 800 ha, yang terbakar. Yang benar dari data sementara BKSDA Sulut baru sekitar 400 an hektar yang terbakar,” tukas Kontu. (adl)

Baca Juga :

Leave a comment