Ratusan Hektar Lahan dan Hutan di Bitung Terbakar

Reporter : | 26 Sep, 2015 - 3:36 pm WITA

BITUNG, (manadotoday.co.id) – Kemarau panjang yang melanda hampir di seluruh wilayah Indonesia termasuk Kota Bitung, berdampak pada terbakarnya ratusan hektar lahan dan hutan di Kota Bitung tepatnya di Wilayah Batuputih Kecamatan Ranowulu.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Bitung Erwin Kontu SH, mengatakan bahwwa Pemkot Bitung, bersama Polisi Kehutanan dan aparat Kecamatan Ranowulu, telah melakukan pemantauan langsung dilokasi kebakaran.

“Ya pemantauan di lokasi kebakaran dipimpin langsung Sekertaris Kota Bitung Edison Humiang,” ujar Kontu.

Dari hasil pantauan di lokasi kebakaran, api sudah mulai meredah dan beberapa titik api dapat diatasi, oleh Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung bersama masyarakat setempat.

“Kebakaran ini sangat mengkwatirkan sebab lahan yang terbakar mencapai 600 lebih Hektar dan sebagiab besar kawasan merupakan rumput kering. Namun juga akibat kebakaran ini berbagai tanaman seperti kelapa, jagung juga tanaman lain hanghus. Kebakaran diduga api berasal kawasan perkebunan sehingga merembet ke hutan akibat tiupan angin kencang,” katanya.

Sebagai upaya menanggulangi kebakaran warga diminta waspada dan lebih berhati-hati.

“Terlebioh jika sedang mengerjakan hasil perkebunan dan pertanian seperti kopra dan sebagainya, sebab saat ini musim kemarau yang mengakibatkan banyak tanaman yang kering, “ imbau Kontu. (adl)

Baca Juga :

Leave a comment