Sumarsono Keluarkan Lima Himbauan Terkait Fenomena Iklim di Sulut

Reporter : | 25 Sep, 2015 - 9:55 pm WITA

Pnj Gubernur Sulut Sumarsono, ketika meninjau kebakaran hutan di Gunung Lokon Tomohon

Pnj Gubernur Sulut Sumarsono, ketika meninjau kebakaran hutan di Gunung Lokon Tomohon

SULUT, (manadotoday.co.id) – Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sonny Sumarsono MDM, mengeluarkan lima himbauan untuk masyarakat terkait fenomena alam yang terjadi di Daerah Bumi Nyiur Melambai akhir-akhir ini.

Menurut Sumarsono, fenomena alam saat ini, sangat rentan terjadi kebakaran. Oleh karena itu, masyarakat dihimbau supaya waspada dan hati-hati saat beraktifitas.

Sumarsono juga didampingi isteri tercinta Tri Rahayu Sumarsono, jajaran Forkopimda Sulut, serta instansi terkait lainnya, melakukan peninjauan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Gunung Lokon Tomohon. Berikut lima himbauan Sumarsono terkait fenomena alam di Sulut:

– Pemerintah kabupaten/kota membentuk satgas pengendalian kebakaran hutan dan lahan di tingkat kabupaten/kota sampai di tingkat desa dan kelurahan dengan melibatkan unsure pemerintah/dinas terkait, TNI, Polri, ormas, relawan serta instansi/ organisasi terkait lainnya.

– Selalu melakukan himbauan dan penyuluhan di lapangan perihal pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

– Melakukan patroli yang intensif pada daerah-daerah yang rawan kebakaran terutama di kawasan wisata dan areal yang terdapat banyak aktifitas warga.

– Segera melakukan pemadaman jikalau terjadi kebakaran hutan dan lahan (first responder) dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait baik di provinsi maupun pusat dan melaporkan kejadian sesuai mekanisme yang ada.

– Perusahaan pemegang konsesi pemanfaatan dan penggunaan kawasan hutan, bertangung jawab terhadap kebakaran hutan di wilayah kerjanya. Dan wajib mempersiapkan sarana dan prasarana pengendalian antara lain menara pemantau, peralatan pemadaman api dan regu pemadaman kebakaran. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment