Para Peneliti Temukan Alasan Kenapa Bayi Tersenyum

Reporter : | 24 Sep, 2015 - 10:36 pm WITA

Bayi , senyum bayi

(foto: nycity.today)

ManadoToday – Para peneliti telah menemukan bukti bahwa bayi tersenyum untuk suatu tujuan. Mereka ingin orang lain tersenyum sebagai respon, terutama pada ibu mereka. Penelitian pada senyum bayi ini dilakukan oleh para peneliti UC San Diego.

Menurut Javier Movellan, seorang psikolog UC San Diego yang memimpin penelitian, dia terkejut ketika putrinya berusaha untuk berkomunikasi dengan dia saat anaknya masih bayi.

Untuk melakukan penelitian ini, para peneliti memprogram sebuah robot ‘balita’ yang bernama ‘Diego-San’, robot ini dapat meniru bagaimana bayi tersenyum. Setelah itu, mesin berinteraksi dengan sejumlah mahasiswa yang terdaftar untuk penelitian. Diego-San banyak tersenyum, tanpa banyak usaha, hanya jika mahasiswa menyetel robot untuk tersenyum dengan cara yang tidak wajar dan acak.

Movellan, seorang peneliti di universitas Machine Perception Lab, mengatakan robot itu seolah-olah benar-benar hidup.

Menurut penelitian, “Hasil analisis kami menunjukkan bahwa pada saat bayi mencapai usia empat bulan, ibu dan bayi tersenyum untuk suatu tujuan. Ibu berusaha secara konsisten memaksimalkan waktu yang dihabiskan untuk saling tersenyum”. Di sisi lain, bayi mencoba untuk memaksimalkan waktu tersenyum ibu, penelitian menambahkan.

Baca Juga :

Leave a comment