Taukah Anda, Sayuran ini Ternyata Dapat Menambah Berat Badan

Reporter : | 23 Sep, 2015 - 3:17 pm WITA

sayuran

(foto: pixabay)

ManadoToday – Untuk tetap sehat dan mempertahankan berat badan yang ideal, makan banyak sayuran dan buah-buahan memang terbukti ampuh, namun taukah Anda jika ternyata ada sayuran yang dapat menaikan berat badan ??

Sayuran bertepung – seperti kentang, jagung dan kacang polong – dikaitkan dengan penambahan berat badan, menurut hasil penelitan yang yang dipimpin oleh Monica Bertoia dari Kesahatan Masyarakat Universitas Harvard.

Temuan tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat. Namun, penelitian ini mungkin dapat “memberi saran lebih lanjut tentang makanan khusus untuk mencegah obesitas, faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker dan berbagai kondisi kesehatan lainnya,” kata para peneliti dikutip dari health.com.

Ahli gizi tidak terkejut dengan temuan ini.

Erin Keane adalah seorang ahli diet dan nutrisi di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City mengatakan bahwa perbedaan antara sayuran bertepung dan non-tepung terdapat pada apa yang dikenal sebagai “beban glikemik.”

“Makanan dengan beban glikemik rendah diperkirakan menghasilkan lonjakan glukosa darah yang lebih sedikit, yang dapat menurunkan rasa lapar dan berpotensi mengurangi asupan kalori total selama sehari,” Keane menjelaskan.

Sayuran yang diklasifikasikan sebagai beban glikemik rendah termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, kale, lobak, bayam, selada romaine, tahu / kedelai dan paprika, kata Keane.

Sayuran beban glikemik tinggi – termasuk pati kentang dan jagung – mungkin kurang sehat bagi berat badan, katanya.

Adapun buah, buah dengan beban glikemik rendah ternyata memiliki dampak terbesar dalam menjaga berat badan tidak melonjak, katanya.

Keane menekankan bahwa studi ini difokuskan pada orang kulit putih dan dewasa yang sehat, sehingga “kita tidak bisa menggeneralisasi temuan ini bagi semua individu.”

Baca Juga :

Leave a comment