Kabut Asap “Hiasi” Langit Kota Tondano

Reporter : | 22 Sep, 2015 - 6:58 pm WITA

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekitar pukul 11.00 wita, Selasa (22/9/2015), awan Kota Tondano diselimuti asap hitam tebal dikarenakan adanya kebakaran lahan ‘kano-kano’ yang terjadi wilayah Kelurahan Roong Kecamatan Tondano Timur.

Berdasarkan informasi yang dirangkum manadotoday.co.id, kebakaran lahan ini diduga sengaja dilakukan oknum tak bertanggung-jawab, pasalnya kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Roong ini nampaknya sudah sering terjadi.

“Akibat kabut asap ini, aktivitas warga jadi terganggu, bukan cuma itu saja seejumlah warga mengaku terganggu pernapasannya akibat asap yang di hirupnya. Parahnya lagi pelaku pembakaran lahan belum juga di ketahui,” ujar Herry Tumengkol, warga Tondano.

Pengeluhan yang sama di ungkapkan oleh Ferry Lesar warga Tondano. Dia meminta agar aparat kepolisian segera melakukan tindakan guna mencari siapa gerangan pelaku yang tegah melakukan pembakaran lahan tersebut.

Menurutnya, edaran Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow yang melarang warga melakukan pembakaran lahan maupun hutan tidak di gubris warga. Padahal surat edaran tersebut memuat beberap hal yang bisa saja menindak secara pidana pelaku pembakaran lahan dan hutan. “Kami berharap polisi segera mencari pelaku pembakaran lahan dan menghukum mereka sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tukas Lesar. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment