Lima Hal Tentang Semangka yang Mungkin Anda Tidak Tau

Reporter : | 22 Sep, 2015 - 12:28 pm WITA

Semangka , manfaat Semangka , info sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Tidak ada buah lain yang cocok disantap saat musim panas selain semangka. Buah ini sangat manis dan menyegarkan.

Selain rasanya yang manis dan menyegarkan, semangka juga menawarkan 20% dari asupan harian vitamin C dan 17% vitamin A, menurut USDA.

“Semangka mengandung serat makanan untuk kesehatan pencernaan serta kalium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah tetap sehat,” kata Cynthia Sass, MPH, RD dikutip dari health.com.

Berikut ini lima fakta tentang semangka yang mungkin Anda tidak tau:

1. Semangka memiliki lebih banyak likopen dari tomat mentah

Dalam satu cangkir, semangka memiliki 1,5 kali lebih banyak likopen dari tomat segar berukuran besar, 6 miligram bandung 4 miligram, menurut USDA. Likopen bertindak sebagai super antioksidan yang menghentikan radikal bebas merusak sel-sel Anda. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa likopen yang biasanya ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, dapat membantu melawan penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. “Untuk mempertahankan antioksidan dalam semangka, simpan dalam suhu kamar sebelum disantap,” kata Sass.

2. Jus semangka dapat meredakan nyeri otot

Sebuah penelitian di Spanyol yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa minum jus semangka sebenarnya bisa sangat merilekskan setelah melakukan aktivitas berat atau setelah berolahraga. Atlet yang mengkonsumsi sedikitnya lebih dari 16 ons satu jam sebelum latihan, kurang beresiko mengalami nyeri otot dan detak jantungnya lebih rendah.

Itu mungkin karena semangka mengandung zat alami yang disebut sitrulin yang dikaitkan dengan meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah.

3. Selain buah, semangka juga tergolong sayuran

Selain masuk dalam kategori buah, semangkan ternyata masuk dalam keluarga labu dan mentimun dikenal sebagai Cucurbitaceae.

4. Sebagian besar merupakan air

Semangka adalah 91,5% air, menurut USDA. Jika Anda merasa dihiderasi, cobalah untuk memotong sebuah semangka.

5. Ada jenis yang berwarna kuning

Sulit untuk percaya ada semangka yang tidak berwarna merah / merah muda, tapi ada varietas lain, yang dikenal sebagai Yellow Crimson, memiliki daging yang manis yang rasanya seperti madu. Masalahnya, keduanya hampir identik pada tampilan luar, jadi Anda kemungkinan akan kesulitan membedakannya kecuali Anda membelahnya.

Baca Juga :

Leave a comment