Menpora RI Batal Hadir, Stadion Kawangkoan Diresmikan Staf Ahli Informasi dan Olahraga Kemenpora

Reporter : | 19 Sep, 2015 - 9:14 pm WITA

KAWANGKOAN, (manadotoday.co.id) – Stadion Kawangkoan yang kini diberi nama “Stadion DR. S.H. Sarundajang”, diresmikan Staf Ahli Bidang Informasi dan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Prof DR H Amung Makmun M.Pd, mewakili Menpora Imam Nahrawi yang batal hadir.

Peresmian stadion yang terletak di Sendangan Selatan Kecamatan Kawangkoan, Sabtu (19/9/2015) sore tadi, turut dihadiri Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

Sebelum persemian berupa penandatangan prasasti, dibacakan hasil rapat seminar yang dihadiri Tiga Camat di Kawangkoan Raya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut, Kapolsek Kawangkoan, terkait pemberian nama stadion DR. S.H. Sarundajang, oleh Camat Kawangkoan Ricky H Laloan SH.

Menurut Laloan, pemberian nama ini merupakan apresiasi dan terimakasih atas pengabdian DR S H. Sarundajang selaku Gubernur Sulut selama Dua periode, dan atas pemberian stadion atletik yang bertaraf nasional dan internasional yang nantinya digunakan untuk peningkatan prestasi.

Sementara Makmun ketika membacakan sambutan tertulis Kemenpora, mengatakan, Mempora memohon maaf atas ketidakhadirannya, sebab saat ini sedang mendampingi Presiden di Sail Tomini Sulteng.

Menpora RI, Stadion KawangkoanMenurut Makmun, stadion Ini merupakan perhatian yang sangat besar dari Gubernur Sulut bagi masyarakat. Dia katakan, ada dua amanat Menpora untuk masyarakat Sulut terutama Minahasa, yakni Tahun 2016 Menpora akan menjadi bagian peningkatan olah raga, dan Jaga nilai-nilai olah raga.

“Selamatkan generasi muda dengan olah raga dari narkoba, selamat bagi warga Sulut terutama Minahasa atas peresmian stadion olah raga DR S H Sarundajang,” ucap Makmun.

Sementara itu, Gubernur Sarundajang dalam sambutannya mengatakan, kabupaten Minahasa memiliki tradisi melahirkan atlit yang luar biasa. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bersama-sama memelihara stadion ini agar muncul atlit-atlit yang berprestasi.

“Terimalah stadion ini untuk pembentukan hidup sehat jasmani, Terima kasih atas pemberian nama saya untuk stadion ini. Masyarakat harus sama-sama memelihara stadion ini agar muncul atlit-atlit yang berprestasi, sebab anggaran yang di bangun untuk sradion ini cukup besar yakni 20 M bersumber dari APBD Provinsi, sedangkan 6 M dari APBN untuk pembuatan lintasan atletik dengan sintetisnya, sehingga total sebesar 26 M,” ucap Gubernur yang juga putra Kawangkoan ini.

Pada kegiatan itu, dilakukan pertandingan sepak bola antar Kecamatan, dimana Gubernur SH Sarundajang didaulat sebagai penendang pertama pertanda kejuaran sepak bola antar kecamatan ini di mulai, dengan menampilkan dua kesebelasan awal yakni Kecamatan Kawangkoan Berhadapan dengan Kecamatan Kawangkoan Barat.

Turut hadir pada kegiatan itu, jajaran Forkompimda Sulut, Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow M.Si, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Sekdakab Minahasa, para pejabat Pemprov Sulut dan Pemkab Minahasa. Dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola antar kecamatan.

Sebelumnya lagi, Gubernur Sarundajang meresmikan kantor UPTD Kesatuan pengelolaan hutan produksi model Poigar dan Taman hutan raya raya gunung tumpah H V Worang. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment