Polda Sulut Gelar Perayaan HUT ke-67 Polwan

Kapolda Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Laura Wilmar Marpaung, ketika memotong kue HUT ke-67 Polwan
Kapolda Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung didampingi Ketua Bhayangkari Sulut Ny. Laura Wilmar Marpaung, ketika memotong kue HUT ke-67 Polwan

MANADO – (manadotoday.co.id) – Jajaran Polda Sulawesi Utara (Sulut)  di bawah pimpinan Kapolda Brigjen Pol Drs. Wilmar Marpaung SH, menggelar perayaan HUT ke-67 Polwan yang jatuh pada tanggal 1 September 2015, di aula Catur Prasetya Mapolda Sulut, Jumat (18/9/2015).

Di hadapan 424 personil Polwan Polda Sulut dan jajaran yang hadir pada saat itu, Kapolda mengucapkan terima kasih atas peran dan pengabdiannya selama ini. “Saat ini Polwan sudah menginjak usia yang cukup matang yaitu 67 tahun. Dan saya nilai Polwan Polda Sulut sampai saat ini masih baik.

Belum ada pelanggaran disiplin yang menjadi atensi Pimpinan,” ucap Marpaung. Kata dia, Polwan di manapun berada harus selalu tetap kompak dan tetap terus menjaga nama baik.

Sudah banyak peran Polwan Polda Sulut yang telah ditampilkan selama ini, seperti Polwan yang bertugas di Reserse Kriminal, khusus penggeledehan terhadap tersangka wanita, Polwan yang bertugas di PJR, bahkan ada yang menjadi Kapolsek dan Kapolres.

Oleh karena itu hal tersebut tetap pertahankan prestasi bahkan terus ditingkatkan lagi. Pada acara syukuran HUT Polwan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan tatap muka Polwan bersama Ibu Asuh Polwan Polda Sulut selaku Ketua Bhayangkari Sulut yang juga Ibu Asuh Polwan, Ny. Laura Wilmar Marpaung. Pada kesempatan itu, Ny. Laura menyampaikan beberapa arahan di antaranya mengajak seluruh Polwan yang hadir untuk meneladani para Perintis Polwan.

“Saya ajak untuk selalu menjaga keseimbangan diri antara tugas sebagai abdi Negara dan wanita sebagai ibu rumah tangga didalam keluarganya. Saya juga menghimbau agar seluruh Polwan Polda Sulut menjadi teladan serta idola di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya AKBP Quintilany Mentang selaku Perwira Koordinator Polwan Polda Sulut menguraikan sejarah Polwan yang ada di Indonesia. “Kami selaku Polwan sangat bangga, karena di Indonesia ini sudah ada 9 polwan yang telah menjadi Jenderal, 3 diantaranya masih aktif sampai saat ini,” ujar Pakor Polwan yang juga menjabat Kabidkum Polda Sulut.

Pada kesempatan itu, Mentang meminta kepada Kapolda agar Polwan Polda Sulut yang berprestasi agar diberikan jabatan strategis setara dengan Polisi pria, dan itu juga diaminkan oleh Kapolda Sulut. Selaku Pakor Polwan, AKBP Lanny sapaan akrabnya mengatakan Polwan Polda Sulut jangan hanya jadi mawar sebagai penghias taman, namun jadilah melati sebagai pagar bangsa. Syukuran ulang tahun Polwan di Mapolda Sulut ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun oleh Kapolda Sulut didampingi Ibu Asuh Polwan, dan diserahkan kepada anggota Polwan termuda Bripda Glorya Kalalo.

Terkait dengan ulang tahunnya, Polwan Polda Sulut juga telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya anjangsana ke anggota Polwan yang sedang sakit, kegiatan donor darah, serta video conference bersama Ibu Asuh Polwan. Dengan mengusung tema “Polwan Siap Sebagai Revolusi Mental Dalam Rangka Memantapkan Soliditas Dan Profesionalisme Polri”, pada HUT-nya ke-67 diharapkan Polwan Polda Sulut semakin dicintai oleh masyarakat. (*/ton)