Sabun Antibakteri Ternyata Tidak Lebih Baik Dari Sabun Biasa

Reporter : | 18 Sep, 2015 - 3:09 pm WITA

Sabun , Sabun Antibakteri , tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Orang-orang yang mengeluarkan uang ekstra untuk membeli sabun antibakteri mungkin harus berpikir dua kali saat ini.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa sabu antibakteri tidak lebih baik dari sabun biasa untuk membunuh bakteri, mereka melaporkan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy.

Berita ini muncul dari Korea Selatan, di mana peneliti menguji efektivitas dari bahan umum yang ditemukan dalam sabun antibakteri yang disebut triclosan, menurut Science Daily.

Relawan mencuci tangan mereka dengan rekomendasi selama 20 detik dengan air hangat, dan kuman tewas secara efektif apakah menggunakan sabun antibakteri atau non-antibakteri. Percobaan dilakukan di laboratorium dan dunia nyata.

Meskipun begitu, sabun antibakteri dapat membuat perbedaan signifikan hanya jika diterapkan selama sembilan jam. Para peneliti mengatakan keunggulan dari sabun antibakteri adalah taktik pemasaran, menambahkan bahwa “iklan dan keyakinan konsumen mengenai efektivitas sabun antibakteri perlu perhatikan.”

Bukan kebetulan, FDA juga sedang melakukan hal itu, menuntut bahwa produsen harus memberikan lebih banyak bukti untuk mendukung klaim mereka dan informasi lebih lanjut tentang risiko kesehatan dari bahan-bahan seperti triclosan, menurut laporan Huffington Post.

Baca Juga :

Leave a comment