Tingkatkan Swasembada Pangan, Pemkab Mitra Canangkan Program Seribu Desa Mandiri Benih

Reporter : | 16 Sep, 2015 - 11:03 pm WITA

 Swasembada Pangan,  Minahasa Tenggara , desa mandiri benih , persawahan Buhuk ,TosurayaRATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) Rabu (16/9/2015) mencanangkan penanaman perdana program seribu desa mandiri benih Bertempat di persawahan Buhuk Tosuraya Ratahan.

Asisten III Stanley Pasulatan SE,MSi mewakili Bupati James Sumendap SH dalam sambutannya mengatakan, pencanangan ini untuk mendukung tercapainya swasembada padi, jagung dan kedelai. ”Untuk itu, pemerintah daerah memberikan bantuan alat mesin pertanian terhadap kelompok tani serta melihat potensi luas wilayah dan tingkat kesuburan tanah. Ini menjadi kewajiban pemerintah untuk mencukupi kebutuhan pangan hasil produksi dalam negeri. Target swasembada akan berkelanjutan dalam waktu tiga tahun,”ujar Pasulatan.

Ditambahkan Pasulatan, dengan bantuan ini diharapkan akan memberikan keuntungan bagi petani sehingga kedepan dapat mendongkrak hasil pertanian. Begitupun dengan adanya bantuan lain dalam rangka mendukung upaya khusus pencapaian swasembada pangan berupa pengembangan jaringan irigasi tertier, optimalisasi lahan padi sawah serta gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu padi sawah, jagung dan kedelai. ”Ini semua dalam rangka peningkatan kesejahteraan petani yang ada di Mitra,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra Ir Elly Sangian ME saat membawakan laporan kegiatan mengatakan, ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Mitra dengan Kodim 1302 Minahasa dalam rangka upaya khusus swasembada pangan. “Antara pemerintah dengan TNI-AD sudah ada MoU untuk mencapai swasembada pangan,” terang Sangian.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut, ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke, Kasdim 1302 Minahasa Mayor INF. I Ketut Sudana, para pejabat di lingkup Pemkab Mitra. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment