Alasan Mengapa Bermain Smartphone Sebelum Tidur Dapat Membunuh Anda !!!

Reporter : | 10 Sep, 2015 - 9:01 pm WITA

cahaya buatan, efek cahaya buatan, Melatonin

(foto: pixabay)

ManadoToday – Tahukah Anda jika jumlah orang yang menderita depresi, insomnia, dan pengguna pil tidur, anti-depresan dan kafein terus terus meroket. Apakah ini suatu kebetulan? Sayangnya, itu tidak. Menurut statistik, 95% orang Amerika menggunakan berbagai jenis alat elektronik sebelum tidur. Apakah menonton TV, bekerja di depan komputer atau memeriksa smartphone, kegiatan ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan insomnia yang mengarah pada masalah kesehatan yang jauh lebih besar.

Berikut ini adalah alasan menurut healthylifetricks.com mengapa menggunakan ponsel dan komputer sebelum tidur dapat membunuh Anda

Penekanan Melatonin

Menurut penelitian, paparan cahaya buatan yang dihasilkan alat-alat elektronik saat malam hari menekan produksi melatonin. Kelenjar pineal yang memproduksi melatonin. Ini adalah hormon utama yang mengontrol silklus tidur dan bangun. Agar kelenjar pineal dapat memproduksi melatonin, kita perlu suasana gelap. Hormon ini penting mempertahankan ritme sirkadian tubuh kita.

Dan menurut penelitian, orang yang sering terkena cahaya buatan lebih mungkin untuk mendapatkan kanker. Kegelapan alami meningkatkan melatonin dan melindungi sel-sel kita dari kerusakan. Penekanan pada melatonin telah dikaitkan dengan kanker, diabetes tipe 2, terganggungnya sistem kekebalan tubu, sindrom metabolik, penyakit jantung dan obesitas.

Kita perlu memastikan bahwa kita memproduksi melatonin cukup karena itu merupakan antioksidan kuat yang memiliki efek positif pada sistem kekebalan tubuh dan proses penuaan.

Apa yang bisa kita lakukan ?? Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi eksposur terhadap lampu buatan:

– Kita bisa menggunakan lampu merah redup untuk lampu malam – lampu ini memiliki efek penekanan melatonin dan mengganggu ritme sirkadian paling rendah.

– Jika kita menghabiskan banyak waktu saat siang hari terkena sinar matahari, kita akan tidur nyenyak saat malam hari.

– Jika Anda benar-benar harus menggunakan komputer saat malam hari, coba download program F.lux. Ini akan menyesuaikan kecerahan dan warna layar komputer Anda sesuai dengan waktu hari.

– Hindari menggunakan alat elektrinik dua sampai tiga jam sebelum tidur.

Baca Juga :

Leave a comment