Bupati Minsel Imbau Warga Jangan Buang Puntung Rokok di Areal Perkebunan

Reporter : | 10 Sep, 2015 - 5:11 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co,id) – Menghadapi musim kemarau, Bupati Minahasa Seletan Chrisitiany Eugenia Paruntu, menghimbau warga tak sembarang membuang puntung rokok di areal perkebunan.

Pasalnya, puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat memicu terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang berimbas kerugian besar akan dialami warga. ”Satu puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat membakar ribuan heltar lahan pertanian dan perkebunan. Imbasnya kerugian besar akan dialami masyarakat. Sebab itu saya minta warga hati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan terlebih di areal hutan atau perkebunan, ” tandas Paruntu.

Disisi lain, Bupati juga menyatakan keprihatinannya menyusul terjadinya kebakaran di areal hutan dan perkebunan yang membuat berbagai macam tanaman milik petani terbakar. ”Saya tentu turut prihatin dengan bencana kebakaran hutan yang terjadi saat ini. Dan saya tentu akan berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami ketugian akibat kebakaran hutan dan lahan perkebunan,” ujarnya sembari mengingatkan masyarakat untuk bersama-sama, waspada dan berperan aktif menjaga lahan perkebunan dan areal hutan dari ancaman kebakaran.

”Saya juga ingatkan SKPD terkait, pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan aparat Pemerintahan Desa, untuk proaktif melakukan langkah pencegahan, sehingga bencana kebakaran di musim kemarau dapat diminimalisir,” tukasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment