Jika Berhasil, Cina Akan Jadi Negara Pertama yang Kunjungi Sisi Tergelap Bulan

Reporter : | 10 Sep, 2015 - 11:48 am WITA

ManadoToday – Jika semua berjalan sesuai rencana, Cina yang pertama kali mengirim astronotnya ke ruang angkasa pada tahun 2003 akan menjadi negara pertama yang mendaratkan probe ke sisi gelap bulan, AP melaporkan.

Minggu ini, Zou Yongliao dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina mengumumkan rencana untuk mengirim probe Chang’e 4 ke sisi terjauh bulan pada tahun 2020, menurut Asia Times.

“Cina akan menjadi yang pertama jika misi ini berhasil,” kata Zou. Pada 2013, Cina menjadi negara ketiga yang mendaratkan probe Chang’e 3 di bulan, setelah Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Cina berencana untuk mempelajari kondsi geologi sisi terjauh bulan yang tidak pernah terlihat dari Bumi dan menempatkan teleskop radio di sana. Sisi gelap bulan akan menjadi tempat ideal untuk mempelajari gelombang radio karena bulan memblokir setiap gelombang yang datang dari Bumi.

Namun, pendaratan probe ke sisi tergelap bulan akan jauh lebih sulit, menurut International Business Times. Tanpa sinyal radio dari Bumi, Cina membutuhkan teknologi satelit tambahan untuk berkomunikasi dengan probe.

Sementara itu, AP melaporkan bahwa Cina akan mengirimkan pesawat ruang angkasa tak berawak ke dan dari bulan untuk mengumpulkan sampel pada 2017.

Baca Juga :

Leave a comment