Dikpora Minahasa Tenggara Salurkan 3.963 Siswa BSM Tahap 3

Reporter : | 08 Sep, 2015 - 2:46 pm WITA

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Penyaluran Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang menjadi bagian Program Indonesia Pintar (PIP) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) saat ini sudah memasuki penyaluran tahap ketiga, di mana sudah terealisasi untuk 3.963 siswa baik dari sekolah dasar (SD) maupun sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Mitra, Janny Rolos SSos ME menjelaskan, 3.963 siswa penerima BSM bagian PIP ini terdiri dari 2.854 siswa SD, dan 1.109 siswa SLTP. “Untuk siswa SD menerima Rp 450 ribu per tahun, sedangkan untuk tingkat SLTP menerima Rp 750 per tahun,” jelasnya.

Rolos menyampaikan, penyaluran BSM bagian PIP ini memang dibagi dalam beberapa tahap, di mana saat ini sudah memasuki tahap ketiga. “Setiap penyaluran BSM bagian PIP ini selalu dilakukan up-date data siswa penerima, dan secara keseluruhan sampai penyaluran tahap III ini sudah 3.963 siswa di Mitra baik siswa SD maupun SLTP yang menerima,” kata Rolos.

Menurut Rolos, BSM bagian PIP ini disalurkan langsung ke rekening bank dari masing-masing siswa, dan langsung diambil oleh orangtua. “Dan untuk penyaluran tahap III ini sudah dilakukan sejak dua hari, dan saat ini sementara diambil oleh orangtua masing-masing di BRI sebagai bank penyalur BSM bagian PIP ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut Rolos menyampaikan, siswa penerima BSM bagian PIP adalah mereka yang orangtuanya juga adalah pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) dan pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS). “Tetapi juga ada yang di luar penerima PKH dan KPS menjadi penerima BSM bagian PIP karena kita anggap memang yang bersangkutan layak untuk itu,” pungkasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment