Sulut Masuk Posisi Darurat Kekeringan

BPBD sulut,  Sulawesi Utara , Ir. Noldy Liow, Darurat KekeringanSULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Noldy Liow, menyatakan daerah yang dijuluki Bumi Nyiur Melambai, masuk pada posisi darurat kekeringan.

Menurut Liow, musim kemarau sudah berjalan cukup lama di daerah ini. Hal ini pun sudah diperlukan antisipasi dan penanganan lebih lanjut. Kata dia, BPBD Sulut telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota, guna mengantisipasi kekeringan yang terjadi.

“Seperti melakukan pengoboran untuk dipasangkan pompa air gratis, agar mendapatkan air bersih. Sebab beberapa lokasi kini sangat kritis dan memerlukan penanganan serius. Untuk itu, kabupaten kota segera menindaklanjutinya. Pemprov Sulut akan menyiapkan bantuan bila sangat diperlukan oleh Kabupaten Kota,” terang Liow, sembari menyatakan terkait bantuan pengeboran air ini harus dipakai semua masyarakat, bukan pribadi.

Ia menambahkan, masyarakat Sulut agar tetap melakukan penghematan terkait dengan air saat ini, termasuk menjaga lokasi-lokasi mata air agar dapat dipakai untuk keperluan masyarakat.

“Tapi, diharapkan masyarakat untuk tetap tenang dan sabar sekaligus berdoa kepada Tuhan, supaya masa kekeringan segera berakhir,” pungkasnya. (ton)