Menag Lukman Hakim Lepas 195 Calon Jamaah Haji Sulut

Reporter : | 03 Sep, 2015 - 10:14 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifudin, melepas keberangkatan 195 Calon Jamaah Haji Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kloter 11, di Asrama Haji Tuminting Manado, Kamis (3/9/2015).

Dihadapan jamaah haji yang akan menunaikan Ibadah Haji ke Makkatul Mukarrohma dan Madinatul Munawwarah pada Tahun 1436 Hijriah melalui embarkasi Balikpapan ini, Menag berpesan dua hal yang harus menjadi perhatian dari seluruh calon jamaah haji Sulut selama berada di Makkah dan Madina, yakni syukur dan sabar.

“Syukur berhaji yang dimaksud adalah sesuatu yang sangat istimewa, bukan karena semata menunaikan rukun islam ke lima, tapi kesempatannya sangat terbatas untuk mengantri untuk menunaikan ibadah haji. Kalau sekarang bisa berhaji itu sebuah karunia yang harus disyukuri. Karena itu, calon jamaah haji Indonesia selama melaksanakan ibadah haji bisa menjaga diri kita sendiri, terutama kesehatan, agar semua syarat sahnya ibadah haji bisa ditunaikan,” terangnya.

Lanjut Menag, umroh hanya dilakukan sekali saja dan fokus di Makkah, karena banyaknya jamaah haji dari berbagai negara. “Sedangkan untuk banyak bersabar, karena kita berada di negeri orang yang tentunya bermacam ragam perbedaan tingkahlaku dan adat istiadat dengan orang Indonesia. Karena itu secara otomatis tidak akan sesuai dengan apa yang kita harapkan sebagaimana saat berada di kampung halaman kita sendiri,” jelas Menag.

Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, yang turut melepas keberangkatan tersebut, tak lupa meyampaikan rasa berterima kasihnya kepada Menag Lukman Hakim Saifudin, yang langsung melepas calon jamaah haji asal Sulut. “Ini untuk yang pertama kali jamaah haji Sulut dilepas oleh Menteri Agama, Tentunya ini merupakan suatu kebanggaan bagi warga sulut sendiri,” ucap Kansil.

Disisi lain, dia pun berharap calon jamaah haji Sulut sekembalinya dari tanah suci bisa menjadi haji yang mabrur. Disamping itu, selama berada di tanah suci diharapkan jaah haji sulut mempu mentaati aturan-aturan yang berlaku di makkah, karena jamaah haji indonesia bisa menjadi duta bangsa bagi negara lain.

Sedangkan Kakanwil Kemenag Sulut Drs H Soleman MPd mengatakan, jamaah haji Sulut tahun 2015 berjumlah 548 jamaah, terbagi dalam dua kloter, kloter 10 dan kloter 11, gelombang 11 embarkasi balikpapan. “Kloter 10 berjumlah 355 jamaah, dan sudah berada di embarkasih Balikpapan. Dan kloter 11 akan berangkat malam ini sejumlah 195 jamaah,” terang Soleman.

Pada kesempatan itu, Menag dan Wagub secara simbolis telah menyerahkan bantuan biaya transportasi Manado Balikpapan, kepada calon jemaah haji tertua dan calon jamaah haji termuda masing-masing jamaah menerimah Rp.2.750.000. Turut hadir di acara itu, Anggota Watim Pres KH Hasim Musadi, dan keluarga calon jamaah haji. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment