Wow, Ada 15 Miliar Pohon yang Ditebang Setiap Tahun

Reporter : | 03 Sep, 2015 - 12:24 pm WITA

Pohon , jumlah pohon dunia, pohon dunia

(foto: CORBIS)

ManadoToday – Jumlah pohon di Bumi telah hampir setengahnya telah hilang sejak awal peradaban manusia, sebuah studi baru mengungkapkan.

Ada lebih dari tiga triliun pohon di seluruh dunia menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Yale. Tapi ada sekitar 15 miliar pohon yang hilang setiap tahun karena deforestasi, pengelolaan hutan dan pembukaan lahan, penelitian memperingatkan.

Sejak awal peradaban manusia sekitar 11.700 tahun yang lalu, diperkiran jumlah pohon telah turun sekitar 46 persen.

Para peneliti mengumpulkan data jumlah pohon di lebih dari 400.000 plot hutan di semua benua kecuali Antartika.
Mereka menggunakan citra satelit untuk menilai kepadatan pohon di plot tersebut terkait dengan karakteristik lokal seperti iklim, vegetasi, kondisi tanah dan dampak dari aktivitas manusia, dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat model jumlah pohon di berbagai daerah .

Peta global yang dihasilkan menunjukkan ada sekitar 3,04 triliun pohon, atau sekitar 422 untuk setiap orang di Bumi.

Ada lebih dari tiga miliar pohon di Inggris, sementara di Irlandia ada 709 juta pohon. Kepadatan pohon tertinggi ditemukan di hutan-hutan daerah sub-Arktik Rusia, Skandinavia dan Amerika Utara, namun, kawasan hutan terbesar berada di daerah tropis, yang merupakan rumah bagi sekitar 43 persen pohon di dunia.

Penulis utama studi Thomas Crowther dari Universita Kehutanan Yale mengatakan dilkutip dari Mail Online: “Pohon adalah salah satu organisme yang paling menonjol dan kritis di Bumi. Mereka menyimpan sejumlah besar karbon, sangat penting untuk kualitas air dan udara.

Dia menambahkan: “Hampir setengah dari jumlah pohon di planet ini telah hilang, dan kita telah melihat dampaknya pada iklim dan kesehatan manusia.”

Baca Juga :

Leave a comment