Mungkin Ini Alasan Mengapa Anda Sering Terkena Flu

Reporter : | 01 Sep, 2015 - 11:57 pm WITA

Flu, penyebab flu, kurang tidur, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Sebuah makalah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Sleep AS telah menemukan bahwa orang yang tidur enam jam atau kurang, memiliki resiko lebih besar mengalami flu.

Pemimpin peneliti studi tersebut Aric Prather, asisten profesor psikiatri di Universitas California, San Francisco. Dia mengatakan kesehatan akan terganggu ketika seseorang tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Ada 164 orang dewasa yang mengambil bagian dalam studi tersebut. Mereka menjalani dua bulan pemeriksaan kesehatan dan wawancara agar para peneliti dapat membentuk dasar untuk faktor-faktor seperti stres, temperamen dan penggunaan alkohol dan rokok. Para peneliti studi juga melacak pola tidur peserta selama tujuh hari.

Untuk mengukur pola tidur, para peneliti telah menggunakan sensor seperti jam yang mengukur durasi dan kualitas tidur saat malam hari. Pada tahap berikutnya, para peneliti memberikan mereka virus flu melalui tetes hidung, dan memonitor mereka selama seminggu siapa saja yang akhirnya jatuh sakit.

Para peneliti mencapai kesimpulan bahwa mereka yang tidur kurang dari lima jam 4,5 kali lebih mungkin untuk mengalami flu. Prather menegaskan, “Tidak peduli berapa umur, tingkat stres, ras atau pendidikan mereka. Tidur merupakan prediktor yang sangat kuat untuk kerentanan terhadap virus flu “.

Baca Juga :

Leave a comment