Bahaya Kopi Pada Orang-orang yang Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Kopi , penyakit jantung , diabetes ,  Darah Tinggi, tips sehat
(foto: nycity.today)

ManadoToday – Sebuah studi yang berlangsung selama hampir 12 tahun telah menemukan bahwa kopi ternyata meningkatkan risiko penyakit jantung dan pra-diabetes pada anak-anak yang memiliki tekanan darah tinggi. Temuan ini didasarkan pada penelitian terhadap lebih dari 1.200 anak-anak.

Para peneliti mengatakan mereka telah menemukan hubungan antara kopi dan pra-diabetes dan tekanan darah tinggi. Peneliti utama Dr Lucio Mos dari Rumah Sakit San Daniele del Friuli di Italia mengatakan dikutip dari nycity.today, Selasa (01/09/2015) dalam studi yang sudah dilakukan waktu lalu telah menemukan hubungan antara minum kopi dan peningkatan risiko penyakit jantung di kalangan anak muda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah hubungan itu benar atau tidak. Mereka ingin tahu apakah kadar glukosa tinggi dan tekanan darah tinggi mempunyai hubungan. Peserta penelitian adalah orang-orang peminum kopi  dan pasien tahap 1 hipertensi.

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok, non-peminum, peminum moderat, dan peminum berat. Peminum berat adalah orang-orang yang meminum lebih dari empat cangkir kopi setiap hari; konsumsi peminum moderat adalah satu sampai tiga cangkir per hari.

Peserta yang meminum kopi yang memiliki BMI lebih tinggi dibandingkan dari rekan-rekan non-minum mereka. Hubungan antara konsumsi kopi dan tekanan darah tinggi secara signifikan lebih tinggi pada mereka yang melaporkan setidaknya 4 cangkir kopi per hari.

Pasien tekanan darah tinggi juga menghadapi risiko pra-diabetes. Risiko lebih tinggi pada peminum berat dibandingkan dua kelompok lainnya.