Hati-hati Sudah 250.000 Akun iPhone yang Dicuri Malware Ini

Reporter : | 01 Sep, 2015 - 10:52 pm WITA

Malware , Malware smartphone, KeyRaider , Palo Alto Networks

(foto: CNN)

ManadoToday – Perusahaan keamanan Palo Alto Networks mengatakan serangan itu adalah “pencurian akun Apple terbesar disebabkan oleh malware.” Palo Alto Networks (PANW) menemukan hal ini bersama dengan kelompok teknologi asal Cina WeipTech.

Kabar baik bagi sebagian besar konsumen iPhone adalah bahwa malware yang dijuluki KeyRaider itu, hanya menargetkan iPhone “Jailbroken”.

Jail-breaking memungkinkan pemilik iPhone untuk mengakses sistem file telepon yang dinyatakan dibatasi untuk alasan keamanan.

KeyRaider kebanyakan ditemukan di website Cina dan aplikasi yang menyediakan perangkat lunak untuk iPhone. Tetapi malware telah menyebar jauh keluar dari Cina, muncul di 18 negara.

Setelah terinfeksi dengan malware KeyRaider, iPhone Jailbroken akan memberikan semua informasi tentang iTunes App Store kepada hacker, termasuk akun Apple (AAPL, Tech30) user name, kata sandi dan ID unik iPhone. Malware ini juga mencuri semua informasi tentang informasi pembelian App Store dan mencegah pemiliknya untuk memperbaiki ponsel setelah dibajak.

Para hacker telah meng-upload perangkat lunak yang memungkinkan orang lain membeli aplikasi iTunes secara gratis menggunakan akun korban. Sekitar 20.000 orang telah men-download perangkat lunak yang memungkinkan mereka menggunakan akun dari 225.000 iPhone yang telah mereka hack.

Palo Alto Networks mengatakan korban telah melaporkan bahwa akun mereka telah membeli aplikasi yang tidak pernah mereka beli. Yang lain mengatakan ponsel mereka telah terkunci, dan hacker menuntut uang tebusan untuk mengembalikan akses iPhone mereka.

Baca Juga :

Leave a comment