Pemkab Minsel Selenggarakan Festival Seni dan Budaya

Reporter : | 01 Sep, 2015 - 4:11 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Untuk menumbuhkembangkan pemahaman budaya Minahasa di kalangan generasi muda, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) bekerjasama dengan Forum Karang Taruna Minsel, menyelenggarakan festival seni dan budaya, dengan melibatkan para pelajar dan masyarakat umum.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula teguh bersinar, pusat Kota Amurang, sejak 29 Agustus 2015 dan akan berakhir 2 September 2015, menampilkan berbagai 29 sampai 2 September, menampilkan berbagai kegiatan yakni tarian kebesaran Minahasa, musik kolintang, lomba lagu daerah Minahasa. Pidato, lomba musik Makaaruyen, serta kegiatan tarian kolaborasi antara adat Minahasa dan modern.

Ketua Umum Panitia Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Olivya Lumi SSTP, mengatakan tujuan vestival seni dan budaya ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan dan menumbuhkembangkan pemahaman tentang budaya asli Minahasa terhadap generasi muda terlebih para pelajar, dari pengaruh budaya luar atau budaya barat, yang tidak sesuai dengan kepribadian masyarakat Minahasa.

”Festival ini juga bertujuan guna menggali potensi budaya Minahasa sebagai bagian dari budaya Nasional, dan Pariwisata untuk kemudian diperkenalkan secara luas di tingkat Nasional bahkan di dunia International,” kuncinya.

Menariknya dalam kegiatan pentas Seni Budaya ini, dilaksanakan pelatihan dasar jurnalis, yang diikuti sejumlah peserta dari kalangan pelajar tingkat SD hingga SMA/SMK. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment