Pentingkah Tidur Siang Bagi Anak-anak Prasekolah ??

Reporter : | 25 Agu, 2015 - 5:39 pm WITA

Tidur Siang, efek Tidur Siang, anak Prasekolah, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Tidur siang mungkin bukan ide yang baik untuk anak-anak prasekolah, sebuah penelitian menyimpulkan setelah meninjau puluhan penelitian sebelumnya tentang tidur siang.

Anak-anak berusia lebih dari 2 tahun yang tidur siang cenderung untuk kurang tidur saat malam dibandingkan mereka yang tidak tidur siang, para peneliti menemukan.

“Temuan yang paling signifikan dari studi kami adalah kami tidak mendukung penelitian sebelumnya yang mendorong tidur siang bagi anak-anak prasekolah dalam rangka meningkatkan kondisi kesehatan mereka,” kata penulis utama penelitian Karen Thorpe dan Sally Staton dari Universitas Queensland Australia dikutip dari webdm.com.

Para peneliti mengkaji 26 penelitian yang berhubungan dengan tidur siang pada anak usia 5 tahun kebawah. Mereka mencari informasi tentang pola tidur di malam hari. Mereka juga melihat perilaku, stres, obesitas, kecelakaan dan keterampilan berpikir.

Tidur siang hari hanya konsisten dikaitkan dengan kurang tidur secara keseluruhan, dan memiliki kualitas tidur yang kurang, terutama di kalangan anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun, studi ini menemukan.

“Analisis lebih lengkap dari literatur penelitian ini menunjukkan bahwa tidur siang mungkin tidak sepenting yang kita pikirkan bagi anak-anak prasekolah dan bahkan mungkin memiliki beberapa konsekuensi yang merugikan,” kata Andrew Adesman, kepala pediatri perkembangan dan perilaku anak-anak di Pusat Kesehatan Cohen New York di New Hyde Park, NY.

“Penelitian ini telah menyoroti tentang betapa sedikitnya kita benar-benar tahu tentang nilai dari sudut pandang medis dan perkembangan dengan membuat anak-anak prasekolah tidur di siang hari,” kata Adesman.

Menurut Thorpe dan Staton, temuan ini tidak berarti bahwa tidur siang selalu merugikan. Sebaliknya, penelitian menunjukkan tidak ada bukti yang mendorong tidur siang pada anak-anak dapat secara alami membuat mereka berkembang.

“Usia 2 tahun tidak harus dilihat sebagai titik pasti dimana tidur siang harus dikurangi,” para peneliti menekankan. “Sebaliknya, orang tua harus menanggapi kebutuhan tidur anak mereka.”

Adesman menambahkan, “Mengingat bahwa tahun prasekolah adalah tahun transisi utama dari sudut pandang tidur dan mengingat bahwa setiap anak berbeda-beda, ada kemungkinan bahwa tidur siang dapat bermanfaat untuk beberapa anak-anak prasekolah dan kontra-produktif bagi anak lain.”

“Sebagai dokter anak,” kata Adesman, “Saya percaya orang tua dari anak-anak prasekolah harus mendorong anak untuk tidur siang, jika dan hanya mereka yakin anak mereka secara khusus memiliki manfaat dari tidur siang. Orang tua tidak harus memaksakan tidur siang setiap hari pada anak-anak prasekolah yang tampaknya tidak mendapatkan keuntungan dari itu, karena tidur siangĀ  mungkin hanya merusak kualitas atau kuantitas tidur di malam hari. “

Baca Juga :

Leave a comment