Tumbelaka: Penetapan Pasangan Calon di Pilkada Harus Dihormati

Reporter : | 25 Agu, 2015 - 3:17 pm WITA

Pengamat politik, Taufik Tumbelaka, Pilkada sulut, Pilkada 2015,

Taufik Tumbelaka

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pengamat politik dan pemerintahan di Sulawesi Utara (Sulut) Taufik Tumbelaka, menegaskan supaya penetapan pasangan calon yang akan maju di Pilkada Serentak 9 Desember 2015 nanti, harus dihormati semua pihak. “Penetapan para kandidat di Pilkada oleh KPU, harus kita hormati,” ujar Tumbelaka kepada manadotoday.co.id.

Namun kata dia, KPU wajib memberikan penjelasan secara transparan dan terbuka, terkait hasil verifikasi berkas setiap pasangan calon. “Ini sebagai bentuk tanggungjawab terhadap publik, dan bagian memberi ruang kepada pihak yang merasa tak puas (atas putusan tersebut,red),” ungkap Tumbelaka.

“Untuk penjelasan dari KPU terhadap hasil penetapan pasangan calon, sebaiknya lagi dalam bentuk konferensi pers, agar masyarakat dapat memperoleh penjelasan dan informasi yang maksimal dan lengkap,” lanjutnya.

Disisi lain, Tumbelaka menyarankan bagi pihak-pihak yang tak puas pada hasil pleno KPU tersebut, sebaiknya cepat menempuh jalur yang telah ditetapkan. “Artinya, tak perlu melakukan langkah-langkah diluar aturan karena justru berpotensi menghasilkan akibat kontra produktif,” imbau Tumbelaka. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment