Anak yang Sangat Gemuk, Beresiko TINGGI Miliki Penyakit Jantung

Reporter : | 20 Agu, 2015 - 11:43 am WITA

obesitas, penyakit jantung, berat badan

(foto: pixabay)

ManadoToday – Anak yang sangat gemuk, minimal memiliki 45kg kelebihan berat badan, berada dalam resiko besar penyakit jantung, penelitian menunjukkan.

Dalam studi, sekitar separuh dari anak-anak menderita tekanan darah tinggi, dan hampir 15 persen diabetes. Tujuh puluh lima persen memiliki tingkat tinggi protein yang terkait dengan penyakit jantung.

“Obesitas parah pada kelompok usia remaja dikaitkan dengan berbagai faktor risiko kardiovaskular yang sebelumnya hanya mempengaruhi orang dewasa,” kata penulis studi Dr Marc Michalsky, seorang profesor bedah klinis dan pediatri di Ohio State University College of Medicine, di Columbus dikutip dari webdm.com.

Studi ini tidak memeriksa apakah remaja dengan usia rata-rata 17 tahun tersebut menghadapi risiko yang lebih tinggi dari kematian dini. Tapi itu menunjukkan bahwa faktor risiko penyakit jantung sangat tinggi.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak obesitas menderita diabetes, kolesterol tinggi dan masalah tulang, kata Michalsky, tapi penelitian tentang masalah yang dihadapi anak-anak yang sangat gemuk masih sedikit. Darisitulah studi ini datang.

Para peneliti melihat 242 anak di bawah usia 19 tahun yang sedang menunggu waktu untuk operasi penurunan berat badan antara tahun 2007 dan 2011. Rata-rata anak-anak ini memiliki berat badan 154kg.

Sekitar setengah dari peserta penelitian memiliki kolesterol tinggi, dan 95 persen memiliki setidaknya satu faktor risiko untuk penyakit jantung. Lima persen memiliki empat faktor risiko.

Anak laki-laki – sekitar seperempat dari peserta penelitian – lebih mungkin untuk menderita tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Baca Juga :

Leave a comment