Dinilai Penting, Program UKS di Sulut Akan Diaktifkan Kembali

Reporter : | 19 Agu, 2015 - 8:45 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Jhon Palandung MSi, menegaskan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) akan kembali diaktifkan di seluruh sekolah di Daerah Bumi Nyiur Melambai.

Menurut Palandung, UKS sangat penting ibarat dua sisi mata uang yang satu sama lain saling berkaitan. “Pendidikan dan kesehatan tak terpisahkan. UKS merupakan dua dari tiga indikator indeks pembangunan manusia (IPM,red) yang menentukan kualitas SDM,” ujar Palandung, ketika membuka pemantapan program UKS tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Sulut yang digelar Biro Kesra Setda Provinsi Sulut, di ruang rapat WOC kantor gubernur Sulut, Rabu (19/8/2015).

Lanjut Palandung, sekolah harus mengaktifkan kembali program UKS yang memiliki banyak manfaat bagi siswa. Karena lewat UKS bagaiman siswa di ajarkan cara hidup sehat seperti mencuci tangan yang baik, cara mengosok gigi yang baik, cuci tangan sebelum makan, tidak sembarangan jajanan di sekolah, menanam apotik hidup dihalan sekolah dan lain sebagainya. “Sebab dulunya program tersebut berjalan baik mulai dari Sekolah Dasar hingga ditingkat SMA/SMK, namun kini mulai menurun program UKS tersebut,” ujar Palandung.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Asiano G Kawatu SE MSi, mendorong agar sekolah-sekolah di Sulut supaya mengaktifkan kembali perogram UKS, karena program tersebut sangat baik terutama bagi siswa itu sendiri. “UKS dengan titik berat kegiatan pada upaya promotif dan preventif serta didukung oleh upaya kuratif dan rehabilitatif berkualitas yang dijalankan melalui trias program UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan hidup sekolah yang sehat,” tandas Kawatu.

Sedangkan Karo Kesra Sulut dr. Bahagia Mokoagow mengatakan, kegiatan tersebut diikuti Diknas Kabupaten/Kota se- Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment