Jeda Pemanasan Global Berakhir ??, Peneliti: Bumi Semakin Panas, Bahkan ‘Terbakar’

Reporter : | 18 Agu, 2015 - 5:53 pm WITA

Jeda Pemanasan Global Berakhir ??, Peneliti: Bumi Semakin Panas, Bahkan 'Terbakar'ManadoToday  – Ada tanda-tanda bahwa planet Bumi semakin memanas, dan bahkan ‘terbakar’. Hal ini menurut Dr Kevin Trenberth, seorang ilmuwan di Pusat Nasional Penelitian Atmosfer, yang mengaku ‘jeda’ pemanasan global telah berakhir.

Yang disebut jeda, mengacu pada fakta bahwa suhu permukaan bumi telah meningkat dengan hanya 0,06 ° C dalam 15 tahun terakhir. Telah digunakan oleh beberapa kelompok sebagai bukti bahwa perubahan iklim tidak terjadi.

Dia menunjukkan bahwa di wilayah barat Amerika Utara, kekeringan berkepanjangan telah menyebabkan suhu tinggi dan banyak kebakaran hutan, dari Kanada dan awal musim panas ini ke California baru-baru ini.

Di Pasifik, badai, topan dan badai tropis telah menyebabkan malapetaka, dan  beberapa memukul Jepang, China dan Taiwan, pada khususnya.

Secara global, suhu permukaan telah menetapkan rekor tinggi. Suhu AS tahun ini jauh di atas rata-rata.

Dalam makalah berjudul, ‘Has There Been a Global Warming Hiatus?’, Trenberth berpendapat variabilitas alam di lautan, atmosfer, tanah dan es bertanggung jawab atas cuaca aneh ini.

‘Tahun terpanas di abad ke-20 adalah pada tahun 1998. Namun, sejak saat itu peningkatan suhu global rata-rata permukaan (GMST) dari tahun 1998 sampai 2013 telah hilang.

“Ini telah dikenal sebagai ‘hiatus,” kata Trenberth pada The Conversation. .

“Sementara tahun 2005 dan 2010 nilai GMST sedikit naik dari tahun 1998, tren melambat hingga 2014, dan sekarang menjadi tahun terpanas.

“Selain itu, ada prospek yang sangat baik tahun  2015 akan memecahkan rekor – 12 bulan terakhir hingga Juni 2015 merupakan 12 bulan terpanas yang pernah tercatat.

“Sepertinya hiatus telah berakhir. ” kuncinya.

Baca Juga :

Leave a comment