Hanya Membutuhkan Waktu 10 Menit Bagi Helm Ini Untuk Mendiagnosa Stroke

Reporter : | 18 Agu, 2015 - 4:40 pm WITA

Stroke , helm Stroke , Medfield Diagnostics

(foto: nationalgeographic)

ManadoToday – Sebuah helm berteknologi tinggi yang dikembangkan oleh Medfield Diagnostics bisa menyelamatkan pasien stroke dengan secara dramatis memotong waktu diagnosis hanya sepuluh menit, sehingga pengobatan untuk mengurangi kerusakan otak dapat mulai jauh lebih awal.

Perangkat tersebut sekarang sekarang sedang diuji dalam dua uji klinis yang melibatkan lebih dari 500 orang di Sahlgrenska University Hospital di Swedia.

Helm ajaib tersebut dapat digunakan dalam ambulans sehingga mereka dapat memberikan pengobatan yang tepat sebelum pasien tiba di rumah sakit – tanpa perlu memakan waktu untuk melakukan scan.

Perangkat  yang menggunakan teknologi gelombang pendek tersebut dapat membedakan dua jenis stroke – yang disebabkan oleh gumpalan darah dan yang disebabkan oleh pendarahan. Perbedaannya penting karena pengobatan yang diterapkan berbeda.

Stroke adalah penyebab utama kecacatan neurologis disebabkan pengurangan suplai darah dan oksigen yang membuat kerusakan otak yang tidak dapat diperbaiki.

Kira-kira 85 persen dari stroke disebabkan oleh gumpalan yang menghalangi aliran darah, dikenal sebagai stroke iskemik, sisanya adalah perdarahan, yang disebabkan oleh perdarahan di otak karena pelemahan arteri atau pembulu darah yang pecah.

Sekitar satu dari empat orang yang memiliki stroke meninggal, dan mereka yang bertahan hidup sering ditinggalkan dengan masalah jangka panjang seperti bicara tidak jelas atau penyimpangan memori.

Selama tahap awal stroke, sekitar dua juta sel otak mati setiap menit, sehingga lebih cepat suplai oksigen dikembalikan, semakin cepat otak diselamatkan.

Untuk stroke iskemik, pengobatan utama adalah obat trombolitik atau penghilang bekuan. Ini bisa membersihkan sumbatan, memulihkan oksigen dan aliran darah ke otak.

Tapi untuk stroke hemoragik, pasien memerlukan perawatan yang memungkinkan darah dapat membeku. Karena itu, jenis stroke seorang pasien harus ditentukan dengan sangat cepat.

Saat ini, penggunaan scan CT atau MRI di rumah sakit memerlukan waktu berjam-jam, menyebabkan waktu yang berharga hilang percuma.

Baca Juga :

Leave a comment