Alergi Mungkin Dapat Terjangkit Melalui Transfusi Darah

Reporter : | 18 Agu, 2015 - 1:21 pm WITA

Alergi , Transfusi Darah, kesehatan, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Kasus yang terjadi pada seorang anak asal Kanada berumur 8 tahun menunjukkan bahwa hal ini mungkin terjadi, tapi masih jarang bagi anak-anak untuk mendapatkan alergi makanan dari transfusi darah.

Anak itu mengembangkan alergi terhadap ikan dan kacang setelah menerima transfusi dari pendonor dengan alergi berat terhadap makanan tersebut, menurut laporan dari tim yang dipimpin oleh Dr. Julia Upton, dari rumah sakit anak di Toronto.

Dia segera diobati untuk reaksi alergi, dan alergi hilangĀ  dalam beberapa bulan, para peneliti mencatat.

Tim Upton menjelaskan bahwa pendonor darah dengan alergi makanan dapat mentransfer antibodi alergi pemicu disebut imunoglobulin E (IgE) dalam darah seperti trombosit.

Meskipun jarang, orang tua dan dokter harus menyadari kemungkinan anak-anak yang mengembangkan alergi terhadap makanan setelah mendapatkan transfusi darah.

Namun, “orang tua tidak harus terlalu khawatir tentang transfer pasif alergi dari produk darah,” Upton menekankan dalam rilis berita jurnal dikutip dari webdm.com. “Kondisi ini memiliki prognosis yang sangat baik dan biasanya sembuh dalam beberapa bulan.”

Baca Juga :

Leave a comment