Tuntut Dugaan Pencemaran, Warga Tumatangtang I Demo di Lokasi LHD 2 Pertamina

Reporter : | 18 Agu, 2015 - 1:07 pm WITA

Tumatangtang I , LHD Pertamina, Pencemaran lingkungan, TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Selasa (18/8/2015), warga Kelurahan Tumatangtang I Kecamatan Tomohon Selatan mendatangi Sumur LHD 2, lokasi pengeboran Pertamina di Perkebunan Liang. Warga menuntut penanganan dugaan pencemaran yang terjadi akibat aktivitas Pertamina di LHD 2 tersebut. Pasalnya, mulai ada aktivitas Pertamina di LHD 2 tersebut, banyak ikan yang dipelihara warga di sekitar sumur yang mati.

Tumatangtang I , LHD Pertamina, Pencemaran lingkungan, ”Kami minta ada pertanggungjawaban dari pihak Pertamina,” tegas Jootje Montolalu, korban yang ikannya mati akibat aktivitas Pertamina di LHD 2 tersebut. Ikan yang mati sudah ada sekitar 10 ribu. Sementara 15 ribu lainnya sudah tidak bisa dipanen.

Menurutnya, banyak limbah dari aktivitas Pertamina di LHD 2 tersebut yang masuk ke persawahan. Selain ikan mati, aktivitas LHD 2 tersebut juga membuat padi mati.

Soal dugaan pencemaran, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon melalui kepala Bidang Pengendalian Kerusakan dan Pemulihan Lingkungan Aneke Reine Gosal SP MSi mengatakan pihaknya sudah turun lapangan. ”Besok hasilnya sudah ada apakah tercemar atau tidak,” tukasnya. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment