Mengerikan, Polusi Udara Bunuh Sekitar 4.000 Orang Setiap Hari

Reporter : | 15 Agu, 2015 - 4:49 pm WITA

Polusi Udara, efek Polusi Udara, Polusi Udara cina, cina

(foto: pixabay)

ManadoToday – Polusi udara menewaskan sekitar 4.000 orang di Cina setiap hari sebuah studi baru menemukan. Fisikawan di Universitas California, Berkeley, menghitung bahwa ada sekitar 1,6 juta orang di Cina yang meninggal setiap tahun karena penyakit jantung, paru-paru dan stroke disebabkan udara yang sangat tercemar, terutama partikel kecil dari asap.

Penelitian sebelumnya menempatkan polusi Cina menyebabkan 1 sampai 2 juta warganya tewas setiap tahun.

Penelitian ini menyalahkan emisi dari pembakaran batu bara, baik untuk listrik dan pemanas rumah. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal PLoS One, menggunakan pengukuran udara dan kemudian perhitungan dengan komputer yang memperkirakan kematian akibat penyakit jantung, paru-paru dan stroke karena berbagai jenis polutan.

Penulis studi Robert Rohde mengatakan bahwa 38 persen dari penduduk Cina tinggal di daerah dengan kualitas udara yang  U.S. Environmental Protection Agency (EPA) sebut “tidak sehat.”

“Ini jumlah yang sangat besar,” kata Rohde dikutip dari Independent. “Beberapa yang terburuk adalah di barat daya Beijing.”

Dalam sebuah dokumen 2010, EPA memperkirakan bahwa ada 63.000 sampai 88.000 orang yang meninggal di AS akibat polusi udara. Perkiraan lain berkisar dari 35.000 sampai 200.000 orang.

Berbeda dengan AS, polusi udara di Cina adalah paling buruk saat musim dingin karena pembakaran batubara untuk memanaskan rumah dan kondisi cuaca yang membuat udara kotor lebih dekat ke permukaan, kata Rohde. Ini menyusul terpilihnya Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022.

Pemerintah Cina juga mulai mengambil langkah-langkah untuk membersihkan udara ungkap Rohde, “Mereka membatasi penggunaan batu bara, yang juga akan mengurangi emisi karbon dioksida,” kata Rohde.

Baca Juga :

Leave a comment