Korps Marinir Tanam Terumbu Karang di Teluk Manado

Teluk Manado, Terumbu Karang, Save Our Littoral Life, Buyung Lalana
(foto: Facebook – Isye Watupongoh)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam rangkaian bertajuk ‘Save Our Littoral Life’, Korps Marinir Indonesia melakukan penanaman terumbu karang di dasar laut teluk Manado, Sabtu (15/8/2015).

Kegiatan diawali dengan upacara, yang dipimpin Inspektur Upacara Komandan Korps Marinir TNI AL Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana.

Pada upacara tersebut, dilakukan juga tele conference dengan Presiden RI, Joko Widodo, sekaligus membacakan pernyataan penanaman terumbu karang dan pelepasan bibit ikan kerapu.

Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Buyung Lalana mengatakan, Save Our Littoral Life (SOLL) merupakan wujud penjabaran pengabdian Korps Marinir TNI AL untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Kami akan terus mengkampanyekan pentingnya memelihara terumbu karang di Indonesia. Selain itu, akan terus mengajarkan masyarakat menganut pola pikir kembali melihat laut dan tak membelakangi laut,” terang Buyung.

Ia menambahkan, korps Marinir TNI AL akan melakukan penanaman sejuta bibit terumbu karang di daerah seluas 100 hektar yang tersebar di 51 lokasi di Indonesia dan 243 titik penanaman.

“Hingga Juli 2015, sudah ditanam sekitar 400 ribu bibit terumbu karang dengan luas kawasan tanam lebih dari 30 hektar,” kata Buyung.

Dalam kesempatan itu, ambil bagian pada pelepasan bibit ikan kerapu, yakni para undangan yang hadir dan masyarakat umum, sekaligus dirangkaikan dengan penutupan acara Save Our Littoral Life di Manado. (ton)