Mengapa Musik Dapat Mengurangi Rasa Sakit Saat Operasi

Reporter : | 13 Agu, 2015 - 12:27 pm WITA

Musik , mafaat Musik , operasi, kesehatanManadoToday – Mendengarkan musik sebelum, setelah atau selama operasi dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan, sebuah penelitian menemukan.

Tim, dari Universitas Brunel London dan Universitas Queen Mary London, melihat data dari 7.000 pasien pada 73 percobaan.

Pasien ditanyai tentang rasa sakit yang mereka rasakan pada skala satu sampai sepuluh hingga 24 jam setelah operasi.

Mereka yang mendengar musik saat sebelum, selama dan setelah operasi melaporkan merasa rata-rata dua poin lebih sedikit rasa sakit daripada mereka yang tidak mendengar musik.

Mereka juga hanya memerlukan sedikit obat penghilang rasa sakit dan merasa kurang cemas.

Mendengarkan musik setiap saat tampak efektif, tetapi mereka yang mendengarkan musik sebelum operasi merasa sedikit lebih baik daripada mereka yang mendengarkan musik selama operasa atau setelah. Pasien diizinkan untuk memilih musik mereka sendiri juga merasa sedikit lebih baik daripada mereka yang tidak memilih.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Lancet, tidak menemukan dengan tepat mengapa musik memiliki dampak yang signifikan seperti ini, tetapi mereka berpikir musik dapat membuat otak sibuk – cara efektif untuk mengganggu seseorang dari rasa sakit.

Dr Catherine Meads, dari Brunel, mengatakan dikutip dari Mail Online: “Musik adalah aman murah dan non-invasif dan dapat dengan mudah tersedia untuk semua orang yang menjalani operasi. Pasien harus diizinkan untuk memilih jenis musik sendiri untuk memaksimalkan manfaatnya. “

Baca Juga :

Leave a comment