Suplemen Vitamin D Mungkin Dapat Membantu Turunkan Berat Badan

Reporter : | 12 Agu, 2015 - 10:49 pm WITA

Vitamin D , berat badan, sehat, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Untuk orang-orang yang memiliki berat badan berlebihan dan kekurangan vitamin D, mengambil suplemen mungkin dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan, sebuah studi menunjukkan.

Menurut tim dari Italia, yang dipimpin oleh Luisella Vigna dari Universitas Milan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari obesitas dan komplikasi yang berhubungan dengan obesitas.

Namun, penelitian tentang penggunaan suplemen vitamin D untuk mengekang obesitas sejauh ini tidak meyakinkan, kata tim.

Studi yang mereka lakukan meneliti 400 orang memiliki berat badan berlebihan dan obesitas dengan defisiensi vitamin D yang menjalani diet rendah kalori dan kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Satu kelompok tidak mengambil suplemen vitamin D, sementara dua kelompok lainnya mengambil baik 25.000 unit internasional (IU) atau 100.000 IU vitamin D per bulan.

Setelah enam bulan, peserta yang menggunakan suplemen vitamin D telah kehilangan berat badan dan lingkar pinggang mereka mengecil daripada mereka yang tidak menggunakan suplemen, kata tim Vigna.

“Data ini menunjukkan bahwa pada orang gemuk dan kelebihan berat badan yang kekurangan vitamin D, suplemen vitamin D membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan efek menguntungkan dari diet rendah kalori,” tulis tim Vigna ini.

Ahli dari Amerika Serikat mengatakan temuan ini mungkin memiliki manfaat bagi beberapa orang.

“Penelitian ini mengingatkan saya pada beberapa tahun yang lalu, ketika terjadi ledakan penelitian tentang pengaruh kalsium dalam membantu penurunan berat badan [dan perawatan penurunan berat badan],” kata Dr Christopher Ochner, seorang ahli nutrisi. “Namun, sangat penting untuk dicatat bahwa efek dari vitamin D tampaknya dibatasi hanya pada orang-orang yang kekurangan vitamin D.”

Mendapatkan vitamin dan nutrisi lainnya dengan jumlah yang tepat juga penting, kata Ochner. Namun, “Studi ini tidak menyarankan bahwa setiap orang yang ingin menurunkan berat badan harus mulai menggunakan vitamin D dengan dosis besar – atau suplemen lainnya,” tegasnya, seraya menambahkan bahwa “kebanyakan orang tidak kekurangan vitamin D.”

Baca Juga :

Leave a comment