SHS Terima Kunjungan Presidium BKSAUA Sulut

Reporter : | 12 Agu, 2015 - 11:24 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), terima kunjungan presidium dan anggota Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Provinsi Sulut, Rabu (12/8/2015).

Tim dibawa pimpinan Ketua periodeik DR Richard Siwu, diterima SHS di rudis Gubernur Bumi Beringin Manado. Menurut Siwu, maksud dan tujuan silahturahmi tersebut, selain bertatap muka dengan SHS juga melakukan diskusi beberapa topik penting bagi kemajuan daerah Sulut.

“Jelang berakhirnya masa jabatan Gubernur SHS periode 2010-2015 di Provinsi Bumi Nyiur Melambai Sulut. Oleh segenap perwakilan Tokoh Agama yang diwadahi forum BKSAUA, terlibat dialog hangat dan familiar seputar harmonisasi kehidupan beragama antar sesama pemeluknya di Provinsi Sulawesi Utara,” ujar Siwu.

Dia katakan, segenap anggota Forum BKSAUA, menyatakan salut dan apresiasi atas kepemimpinan Gubernur DR SH Sarundajang selama dua periode di daerah ini, mampu menghadirkan atmosfir kerukunan dan harmonisasi kehidupan antar umat beragama serta pemeluknya.

“BKSAUA juga mengucapkan terima kasih atas kiprah Beliau dalam menjaga stabilitas keamanan ketertiban di daerah ini,” tandas Siwu.

Gubernur SHS dihadapan segenap anggota Forum BKSAUA, mengharapkan agar kiprah wadah ini semakin eksis dan tetap menjadi baromoter bagi pluralisme kehidupan antar umat beragama di republik Indonesia.

“Ini juga, sehingga ketika ada dinamika dan persoalan antar sesama umat beragama maupun organisasi keagamaan, peran BKSAUA sanggup menjadi mediator dan fasilitator yang proporsional sehingga mampu menangkal akan ancaman, gangguan yang dapat menimbulkan instabilitas ataupun perpecahan di kalangan umat beragama yg selama ini telah terbina dengan rukun dan damai,” terang SHS.

Pada dialog dan silaturahmi ini, pengurus dan anggota Forum BKSAUA, mengajak Gubernur SHS manakalah tak lagi menjabat sebagai Kepala Daerah, menjadi Anggota Kehormatan Presidium BKSAUA Provinsi Sulut. Dimana sumbangsih pikiran, ide, gagasan maupun saran tindak SHS, amat diperlukan.

“Apalagi pak SHS pernah didaulat sebagai Tokoh Pendamai di Provinsi Maluku dan Maluku Utara kala bertikai lalu,” ungkap Siwu.

Diakhir pertemuan, pihak BKSAUA Prof Drs Hi Madun Utiah, menyerahkan cendera mata berupa Buku yang berisikan Pokok Pokok Pikiran para Tokoh Agama di Sulut, guna menggelorahkan terus semangat hidup rukun dan damai. Sembari foto bersama dengan Gub SHS.

Turut hadir di acara tersebut, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesia Sekda Prov Sulut, Drs Jhon Palandung, MSi, Karo Kesra Setda Prov Sulut, Dr Bahagia Mokoagouw, Kabag Agama Biro Kesra Drs Hendrik Rondonuwu,MSi. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment