Awas, Penyakit Ginjal Bisa Berdampak Pada Otak

Reporter : | 12 Agu, 2015 - 12:23 pm WITA

Penyakit Ginjal, ginjal, otak, kesehatan

(foto: pixabay)

ManadoToday – Masalah ginjal dapat meningkatkan risiko gangguan otak, sebuah studi baru menemukan. Temuan juga menunjukkan bahwa melindungi kesehatan ginjal juga dapat memberi manfaat pada otak, kata para peneliti.

Mereka mempelajari data dari lebih dari 2.600 orang di Belanda, dan menemukan bahwa fungsi ginjal yang buruk sangat terkait dengan berkurangnya aliran darah ke otak. Mereka juga melihat peningkatan risiko stroke serta masalah memori dan berpikir (demensia) pada orang dengan masalah ginjal.

“Temuan kami memberi penjelasan yang mungkin menghubungkan penyakit ginjal ke penyakit otak,” Dr. M. Arfan Ikram, seorang asisten profesor neuroepidemiology di Erasmus University Medical Center di Belanda mengatakan dikutip dari webdm.com.

“Juga, mengingat bahwa penyakit ginjal dan (berkurangnya aliran darah ke) otak, keduanya mungkin reversibel, mungkin ada kesempatan untuk mengetahui bagaimana memperbaiki kondisi ini sampai pada akhirnya dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit otak,” tambah Ikram.

Para peneliti juga mencatat bahwa risiko gangguan otak tidak hanya terbatas pada orang-orang dengan penyakit ginjal kronis, tetapi juga cenderung meluas ke orang-orang dengan gangguan ginjal ringan.

Baca Juga :

Leave a comment