Gubernur Sulut Tanam Cabe di Tombariri

Reporter : | 11 Agu, 2015 - 11:30 pm WITA

SULUT, (manadotoday.co.id) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menanam cabe di Desa Lolah, Kecamatan Tombariri Timur, Kabupaten Minahasa, Selasa (11/8/2015).

Kegiatan penanaman cabe atas kerjasama dengan PT. Gunung Mas Agro Lestari dengan komunitas Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sulut, dilaksanakan di kawasan kinamang seluas empat hektar.

Gubernur Sarundajang mengatakan, penanaman cabe ini, diharapkan bisa menumbuhkembangkan dan lebih membangkitkan semangat, motivasi sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat, lebih khusus bagi para petani di daerah Bumi Nyiur Melambai.

Dikatakan dia, penanaman cabe yang merupakan program bina mitra, sejatinya merupakan kemitraan usaha berbentuk hubungan kerjasama antara berbagai pihak yang sinergis dan bersifat sukarela, dengan dilandasi prinsip saling membuthkan, saling menghidupi, saling memperkuat dan saling menguntungkan,

“Oleh karena itu, pemanfaatan tanah dan lahan produktif untuk ditanami tanaman yang menguntungkan warga sangat penting. Karena masyarakat minahasa untuk komoditi cabe merupakan bagian bumbu masak yang utama. Karena tanpa cabe dianggap makanamnya belum lengkap,” ujarnya.

Lanjut SHS sapaan familiar Sarundajang, menanaman cabe ini untuk menjawab kebutuhan lokal, karena selama ini cabe yang ada di pasar tradisional di Sulut, berasal dari luar daerah yakni gorontalo dan palu.

“Karena itu saya ajak para petani di Sulut untuk terus menanam umbi-umbian, pisang dan sayur mayur termasuk cabe. Karena tanah minahasa memilki sumber daya alam yang sangat baik, dan sangat baik untuk bercocok tanam,” tukasnya.

Pengurus KTNA Sulut D.J. Umpel didampingi Prof Dr AE Sinolungan pada kesempatan tersebut, memberikan cendera mata kepada Gubernur SHS sebagai wujud kepedulian beliau bagi petani dan nelayan Sulut.

Pada program penanaman cabe ini, PT. Gunung Mas Agro Lsstari telah menyiapkan lahan, bibit, dan pupuk, sampai pada pasca panen hingga pemasaran produk nanti.

Turut hadir pada kegiatan itu, Bupati Minahasa Drs. Jantje W. Sajow, Kepala Bank Indonesia (BI) cabang Manado Pieter Jacob, dan para tamu dan undangan lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment