Rumah Sakit Ini Gunakan Anjing Untuk Mendeteksi Kanker Prostat

Reporter : | 10 Agu, 2015 - 12:19 pm WITA

Kanker Prostat, anjing, Charity Medical Detection Dogs,

(foto: PA)

ManadoToday – Sebuah percobaan apakah anjing dapat mencium jika seseorang memiliki kanker atau tidak telah sukses dilakukan.

Charity Medical Detection Dogs telah memperoleh persetujuan untuk melakukan percobaan di Rumah Sakit Milton Keynes setelah sebuah penelitian menemukan hewan yang dilatih dengan latihan khusus ini dapat mendeteksi kanker prostat dalam urin dengan presentase 93%.

Diharapkan pengujian anjing dapat digunakan untuk menggantikan ketidakakuratan dalam tes Prostat spesifik antigen (PSA), yang terkenal memiliki tingkat tinggi ‘positif palsu’, yang berarti banyak orang harus menjalani biopsi menyakitkan meski sebenarnya mereka tidak mengidap penyakit.

Iqbal Anjum, seorang konsultan urolog di rumah sakit, mengatakan studi tersebut memiliki ‘prospek yang sangat menarik’.

Dia menambahkan dikutip dari metro.co.uk: ‘Selama bertahun-tahun ada banyak laporan anekdotal yang menunjukkan bahwa anjing mungkin dapat mendeteksi kanker berdasarkan bau tumor.

“Ini diasumsikan bahwa molekul volatil yang berhubungan dengan tumor dilepaskan ke urin seseorang, membuat sampel mudah dikumpulkan dan diuji. ”

Medical Detection Dogs didirikan pada tahun 2008 oleh Dr Claire Guest. Dia mengatakan anjingnya Daisy mendeteksi dia menderita kanker payudara pada tahun 2009 dengan mendorong-dorong dadanya.

Baca Juga :

Leave a comment