Pertama di Indonesia, Festival Panas Bumi Digelar di Kota Tomohon

Reporter : | 05 Agu, 2015 - 9:19 pm WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id) – Salah satu side iven Tomohon International Flower Festival (TIFF), 6-7 Agustus 2015 akan digelar Festival Panas Bumi. Kegiatan ini adalah yang pertama dilaksanakan di Indonesia.

Sebagai daerah potensial panas bumi, tentunya kegiatan ini layak dilaksanakan di Kota Tomohon Sulawesi Utara. Kegiatan yang dipusatkan di kompleks Danau Linow Kelurahan Lahendong Kecamatan Tomohon Selatan tersebut akan diisi dengan beberapa kegiatan seperti pertunjukan seni budaya Cakalele, Marching Band dan Paduan Suara.

Selanjutnya dialog yang bertajuk ”Panas Bumi untuk Sulawesei Utara” yang akan ditangani Pertamina, PLN, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Universitas Negeri Manado (Unima) dan Pemerintah Kota Tomohon. Dilanjutkan dengan wisata panas bumi.

”Akan dilaksanakan juga pameran geothermal yang menampilkan semua potensi dan keunggulan energy panas bumi yang ada di Sulawesi Utara dan daerah lainnya,” ujar Dr Pri Utami dari Universitas Gajah Mada sebagai pelaksana kegiatan.

Pada hari kedua akan diisi dengan penjelasan tentang pengembangan taman pendidikan panas bumi Lahendong dilanjutkan dengan arahan dari Gubernur Sulawesi Utara, MoU dengan Pemerintah Selandia Baru dalam pengembangan energy panas bumi di Sulawesi Utara.

”Ada juga pembukaan perdana Taman Pendidikan Panas Bumi Lahendong oleh Rektor UGM dan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak,” tambah Utami. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment