Astronom Vatikan Percaya Dengan Keberadaan Alien

Reporter : | 05 Agu, 2015 - 4:49 pm WITA

Vatikan , Pastor Jose Funes, Observatorium Vatikan , alien, planet kepler

(foto: NASA)

ManadoToday – Selang 380 tahun sejak Gereja Katolik mengutuk Galileo Galilei karena menganggap Bumi bukanlah pusat alam semesta. Sekarang, tampaknya Vatikan mungkin percaya ada kehidupan asing lain (alien) di luar sana.

Para astronom di Observatorium Vatikan, yang telah mempelajari langit sejak 1582, mengatakan penemuan planet baru yang seperti Bumi telah memperkuat keyakinan mereka bahwa mungkin ada kehidupan di planet lain.

Meskipun demikian, mereka bahkan mengatakan jika ada kehidupan lain di luar tata surya kita, tidak mungkin mereka akan mendapatkan Yesus kedua untuk menyelamatkan mereka.

Pastor Jose Funes, direktur Observatorium Vatikan di Roma, mengatakan manusia mungkin tidak akan pernah bisa bertemu dengan peradaban alien.

Dia mengatakan dikutip dari Mail Online, Rabu (05/08/2015): “Mungkin ada kehidupan dan bentuk kehidupan cerdas … Saya tidak berpikir kita akan pernah bertemu Mr Spock (tokoh dalam film Star Trek).

“Penemuan kehidupan cerdas tidak berarti ada Yesus yang lain. Inkarnasi anak Allah adalah peristiwa yang unik dalam sejarah umat manusia di alam semesta. ”

Ini bukan pertama kalinya Bapa Funes, yang dilatih sebagai seorang astronom di National University of Cordoba, telah membahas kemungkinan alien hidup di antara bintang-bintang.

Pada tahun 2008, ia mengatakan keyakinan adanya kehidupan extraterrestial tidak bertentangan dengan ajaran Katolik atau Alkitab.

Komentar terbarunya datang setelah NASA menemukan planet yang mirip dengan Bumi pada 1.400 tahun cahaya dengan teleskop Kepler.

Kepler 452b, nama planet tersebut, dianggap sebuah planet berbatu yang mengorbit dalam zona layak huni di mana air cair terbentuk di permukaan. Planet itu sekitar 1,5 miliar tahun lebih tua dari planet kita sendiri.

Menulis di koran harian Vatikan L’Osservatore Romano, ia mengatakan: “Galaksi kita mengandung lebih dari seratus milyar bintang. Mengingat jumlah exoplanets ditemukan, tampaknya bahwa sebagian besar bintang di galaksi kita, setidaknya berpotensi memiliki planet di mana kehidupan bisa berkembang.”

Dia mengatakan bahwa jika ada kehidupan cerdas ditemukan di planet lain, ia tidak melihat itu bertentangan dengan iman Kristen.

Dia berkata: “Alkitab bukanlah buku ilmiah. Jika kita mencari jawaban untuk pertanyaan ilmiah di dalam Alkitab, kita membuat kesalahan.

“Itu menjawab pertanyaan besar, seperti” apa peran kita di alam semesta? ”

Namun dia mengatakan bahkan jika ada kehidupan di luar sana, manusia tidak akan pernah bisa bertemu dengan mereka.

Tahun lalu Paus Francis mengatakan ia percaya peristiwa terbentuknya alam semesta pada 13,8 miliar tahun yang lalu (Big Bang), tetapi itu merupakan bagian dari rencana Allah.

Dia juga mendukung gagasan bahwa kehidupan berevolusi selama ribuan tahun melalui hukum-hukum alam dan ini tidak bertentangan dengan gagasan pencipta ilahi.