DPRD Boltim Konsultasi Data Kependudukan di Biro Pem-Humas Sulut

DPRD Boltim ,  Bolaang Mongondow Timur, Umar Mokoapa ,  Dukcapil Boltim, Jane Wowor SPd MM
Anggota DPRD Boltim ketika mengunjungi Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut

SULUT, (manadotoday.co.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), melakukan konsultasi data kependudukan di Biro Pemerintahan dan Humas (Pem-Humas) Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (4/8/2015).

Tim dibawa pimpinan Umar Mokoapa beserta anggota Edsyuko Tendean, Ahmad D Pontoh SPd, turut didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Boltim Jane Wowor SPd MM.

“Kunjungan ini untuk melakukan konsultasi terkait sinkronisasi data penduduk di Biro Pemerintahan dan Humas,” ujar Mokoapa.

Dijelaskan dia, langkah ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang.

Kepala Biro Pemerintahan dan Humas DR. Jemmy Kumendong MSi yang menerima kunjungan tim tersebut, menjelaskan terkait bagaimana upaya pemerintah mengantisipasi adanya DPT Ganda.

“Sebab pada waktu lalu, Mendagri telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensi Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU Pusat dan selanjutnya KPU pusat telah menyerahkan kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia Ini merupakan referensi bagi KPU Kabupaten dan Kota untuk menetapkan data pemilih,” terang Kumendong.

Lanjutnya, Lurah atau Kepala Desa harus proaktif mengantisipasi ketambahan pemilih, dan melakukan kroscek sesuai keabsahan dengan Dinas Kependudukan dan Capil setempat.

“Ini dalam rangka membantu tugas KPU selaku penyelenggara Pilkada serentak,” tandas Kumendong.

Turut hadir pada pertemuan itu, Kabag Pemerintahan Setdaprov Sulut Boslar Sanger SE dan Kasubag Pemerintahan Umum Jenny Paomei SSTP MSi. (ton)