Berjalan 15 Menit Setiap Hari Akan Memperpanjang Umur Para Lansia

Reporter : | 04 Agu, 2015 - 1:37 pm WITA

sehat, tips sehat, panjang umur, tips panjang umur

(foto: mail online)

ManadoToday – Berjalan hanya 15 menit setiap hari sudah cukup untuk memperpanjang harapan hidup para orang-orang yang berumur 60-an, para ahli mengatakan.

Para ahli dari Universitas Jean Monnet di Saint-Etienne, Prancis, menganalisis data dari sembilan studi sebelumnya.
Dalam studi gabungan, terdapat catatan kesehatan dari total 120.000 orang yang berusia 60 dan lebih tua, yang masing-masing dipantau selama rata-rata sepuluh tahun.

Tim menemukan bahwa mereka yang berolahraga mengikuti rekomendasi WHO selama 150 menit seminggu adalah 28 persen kurang untuk meninggal selama periode penelitian dibandingkan mereka yang tidak melakukan latihan sama sekali.

Tapi mereka juga menemukan bahwa orang-orang yang berolahraga tetapi tidak mengikuti pedoman yang direkomendasikan, 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mati pada periode yang sama, menunjukkan bahwa bahkan olahraga ringan masih akan memiliki manfaat.

Tim, yang temuannya dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine, mengatakan bahwa bahwa 15 menit pertama latihan di setiap sesi adalah yang paling menguntungkan. Setelah 15 menit pertama, latihan sekecil apapun yang dilakukan akan memiliki manfaat.

Meski begitu, mereka yang melakukan lebih banyak latihan akan lebih sehat.

Mereka yang melakukan dua kali lipat dari yang direkomendasikan – 300 menit atau lima jam seminggu – memiliki kemungkinan yang paling sedikit untuk mati selama studi satu dekade.

Angka kematian mereka adalah berkurang 35 persen dari mereka yang tidak melakukan latihan sama sekali.

Baca Juga :

Leave a comment