11 September 2015 Nasib Pilkada Minsel Ditentukan

Reporter : | 31 Agu, 2015 - 9:34 am WITA

Pilkada Minsel, Pilkada 2015, minahasa selatan,Karel Lakoy ,Freddy Rawis AMURANG, (manadotoday.co.id) – Proses pendaftaran dan perpanjangan pasangan calon (Paslon) telah laksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Dari tahapan ini, tiga pasangan calon yakni Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Wongkar diusung PDI P, John Sumual – Anne Langi diusung Koalisi Partai Demokrat – Gerindra dan Karel Lakoy – Freddy Rawis diusung Partai Golkar, resmi mendaftarkan diri di sekertariat KPU Minsel.

Meskipun seiring berjalannya waktu, pasangan calon yang diusung Partai Demokrat- Gerindra, akhirnya digugurkan KPU Minsel, menyusul hasil ferifikasi berkas, pasangan calon ini tidak memenuhi syarat pencalonan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Jadi, pada tahapan Pilkada Minsel 2015, yang dilaksanakan KPU Minsel, baru satu pasangan calon yang dinyatakan lolos berkas yakni Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Wongkar diusung PDI P.

Sementara untuk pasangan calon yang diusung partai Golkar, Karel Lakoy – Freddy Rawis , masih akan menunggu hingga 11 September 2014 mendatang, apakah akan lolos sebagai peserta Pilkada 9 Desember 2015 atau tidak. Sebab berkas paslon Partai Golkar ini, masih akan diferikasi KPU Minsel pada 31 Agustus 2015 sampai 8 September 2015.

“Ya, penetapan paslon peserta pilkada yang diagendakan KPU Minsel, yakni 11 September 2015,” ujar Ketua KPU Minsel Dr Fanley Pangemanan, usai tahapan perpanjangan pendaftaran paslon tahap II, Minggu kemarin.

Asumsinya, bahwa jika nantinya paslon Partai Golkar tidak lolos berkas, maka Pilkada Minsel otomatis akan ditunda pada tahun 2017 nanti, sebab hanya ada satu pasangan calon yang lolos berkas. Dan sebaliknya, jika paslon Karel Lakoy – Freddy Rawis dari Golkar dinyatakan KPU lolos berkas pada pleno penetapan paslon 11 September 2015 mendatang, maka Pilkada Minsel tetap akan digelar pada 9 Desember 2015.

Karena itu, seluruh masayarakat Minsel, kita masih harus bersabar menunggu hingga waktu penetapan paslon oleh KPU Minsel, 11 September mendatang. Dimana pada hari tersebut, akan ditentukan nasib pelaksanaan Pilkada di Minsel apakah akan digelar tahun ini yakni 9 Desember 2015 ataukah nanti akan diselenggarakan pada pilkada serentak tahun 2017 mendatang. (aldy monareh)

Baca Juga :

Leave a comment