Hari Terakhir, tak Ada Lagi Pasangan Calon mendaftar di KPU Minsel

Reporter : | 30 Agu, 2015 - 9:14 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) — Hari Ketiga perpanjangan pendaftaran Calon Bupati dan wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Minggu (30/8/2015) atau hari terakhir, tak ada lagi pasangan yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Selatan kendati kabar yang beredar, disebut-sebut bakal calon dari Partai Demokrat yakni Ramoy Markus Luntungan (RML) dan Sonny Frans Tandayu (SFT), akan mendaftar.

Terpantau manadotoday di Sekretariat KPU Minsel, hingga pukul 16:00 Wita, tidak terlihat tanda-tanda ada pasangan calon yang datang mendaftar. Sementara Ketua KPU Minsel Fanley Pangemanan didampingi empat Komisioner, anggota Panwaslu Minsel Meidy Mamangkey dan pihak kepolisian, akhirnya secara resmi menutup pendaftaran di hari ketiga tepat pukul 16:00 Wita.

Dalam pernyataannya, Pangemanan mengatakan bahwa saat awal pembukaan pendaftaran hingga tahap kedua perpanjangan pendaftaran, KPU Minsel, sudah menerima tiga paslon, yakni Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Donny Wongkar yang diusung PDI-P, John RM Sumual – Anne Langi yang diusung koalisi Partai Demokrat – Gerindra dan Karel Lakoy – Fredy Rawis yang diusung Partai Golkar. ”Walaupun seiring berjalannya waktu dari hasil verifikasi faktual paslon yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra yakni John RM Sumual-Anne Langi tidak memenuhi syarat pencalonan,” ungkapnya.

Dan tahapan selanjutnya yang akan dilakukan KPU Minsel, adalah melakukan tes kesehatan di RS Kandow Manado, bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Senin (31/8) besok untuk paslon Karel Lakoy-Freddy Rawis.

”Setelah tes kesehatan kemudian akan dilanjutkan dengan penelitian dokumen dari bakal calon Karel-Lakoy – Freddy Rawis serta verifikasi ke lembaga yang mengeluarkan dokumen. Dan kemudian disusul dengan melaksanakan pleno penetapan paslon, ” pungkasnya.

Diketahui saat ini KPU Minsel telah menetapkan paslon yakni Christiany Eugenia Paruntu – Frangky D Wongkar sebagai peserta Pilkada, dan akan menunggu apakah paslon Karel Lakoy – Fredy Rawis dari Partai Golkar, apakah akan lolos berkas dalam pleno penetapan pasangan calon yang akan dilaksanakan beberapa hari kedepan. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment