Permukaan Air Laut Naik lebih Cepat, Masyarakat Pesisir Terancam

Reporter : | 28 Agu, 2015 - 2:16 pm WITA

Permukaan Air Laut , global warming, NASA,

(foto: nycity.today)

ManadoToday – Permukaan air laut global meningkat lebih cepat dari yang diharapkan, para peneliti melaporkan. Suhu yang meningkat dan pembakaran bahan bakar fosil adalah alasan di balik semua ini. Para peneliti mengatakan, kenaikan setidaknya tiga kaki kemungkinan akan terjadi.

Menurut ilmuwan National Aeronautics and Space Administration (NASA), sejak tahun 1992, permukaan air laut global telah naik rata-rata hampir 3 inci. Beberapa daerah bahkan naik hingga 9 inci. Lautan meluas karena suhu panas dan pencairan es.

Menurut pernyataan dari NASA, panas sudah tersimpan di laut, menunjukkan akan ada peningkatan permukaan laut lebih lanjut. Tapi, belum jelas seberapa cepat itu bisa terjadi.

Menurut Josh Willis, seorang ahli kelautan di badan Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California dikutip dari nycity.today, Jumat (28/08/2015), “Orang-orang perlu mempersiapkan diri. Permukaan laut akan terus naik selama selama puluhan tahun dan mungkin berabad-abad “.

Hal ini merupakan ancaman bagi masyarakat pesisir di sejumlah daerah di dunia seperti Miami, Tokyo dan Dhaka. Lebih dari 14 juta orang tinggal di Dhaka, yang merupakan ibukota Bangladesh.

Menurut Eric Rignot, ahli gletser di Universitas California-Irvine, data yang dikumpulkan terkait dengan Greenland dan Antartika mengkhawatirkan, karena menunjukkan lapisan es yang mencair dengan cepat.

Baca Juga :

Leave a comment