Alasan Jangan Meninggalkan Orang Tua Anda yang Sudah Berumur Sendirian

Reporter : | 26 Agu, 2015 - 10:13 pm WITA

Orang Tua, kesendirian, penyakit kronis, tips sehat

(foto: pixabay)

ManadoToday – Bagi orang-orang yang sudah berusia 70 tahun atau lebih, dan berjuang dengan penyakit kronis, kesepian sering merupakan faktor komplikasi, sebuah studi menemukan.

Peneliti Kanada meneliti 121 orang dewasa, kebanyakan dari mereka berusia 70-an. Mereka menemukan bahwa perasaan kesepian naik setelah masalah kesehatan kronis muncul – bahkan di antara orang-orang yang telah bersama dengan pasangan mereka selama 50 tahun atau lebih.

“Kualitas hubungan sosial kita memainkan peran ketika datang saatnya kita harus mengatasi efek dari penyakit serius di kemudian hari. Dan tampaknya kehadiran pasangan mungkin tidak cukup,” penulis studi Meaghan Barlow dari Universitas Concordia di Montreal, mengatakan dalam sebuah rilis berita universitas dikutip dari webdm.com.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology.

Lansia dengan penyakit kronis dapat mengurangi risiko kesepian mereka dengan mencoba untuk tetap bersikap positif dan tidak menyalahkan diri karena penyakit yang mereka alami, kata para peneliti. Strategi seperti ini dapat membantu mereka tetap termotivasi untuk bersosialisasi dan mencegah depresi, kata tim Barlow.

Baca Juga :

Leave a comment