Wagub Sulut: Anak-anak adalah Investasi Bangsa Yang Harus Dijaga

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, menyatakan anak-anak adalah investasi bangsa yang harus dijaga dan dipelihara. “Anak-anak adalah investasi jangka panjang dan memiliki profit luar biasa besar bagi kemajuan bangsa,” ujar Kansil, di acara peringatan hari anak nasional (HAN) Tahun 2015 Provinsi Sulut, di Graha Bumi Beringin Manado.

Lanjutnya, anak-anak mempunyai fungsi sebagai agen of change, moral force and sosial kontrol dalam masyarakat. Saat besar nanti, merekalah yang akan berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional.

“Mengacu pada tema HAN tahun ini, yaitu wujudkan lingkungan dan keluarga ramah anak. Saya berharap, kedepan lingkungan dan keluarga kiranya akan menjadi basis terdepan pemenuhan cita-cita mencetak anak-anak Indonesia yang berkualitas,” ucap Kansil.

Ia menambahkan, masa depan bangsa berada pada anak-anak Indonesia. Karena itu sejak dini anak-anak harus diasuh lebih berkualitas memiliki pengetahuan, ketrampilan dan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hal dan perlindungan anak, sehingga nantinya menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceriah, berahklak mulia, serta memiliki rasa cinta tanah air.

Kepala BP3A Sulut Ir Ernie Tumundo MSi, dalam laporannya, kegiatan yang turut dihadir Menteri Pemberdayaan dan perlindungan Prof DR Yohana Susana Yambise Ph.D ini, diikuti 400 peserta yang terdiri dari SD, SMP, SMA sederajat, anak-anak PA, anak-anak jalanan, anak-anak dengan disabilitas dan anak-anak berkebutuhan khusus. (ton)